IDENTIFIKASI GANGGUAN KONEKSI JARINGAN INTERNET PADA INDIHOME PLASA TELKOM MUARA TEWEH BERBSASIS SISTEM PAKAR
DOI:
https://doi.org/10.33884/cbis.v10i1.5456Kata Kunci:
jaringan, Sistem Pakar, Forward ChainingAbstrak
Plasa Telkom Muara Teweh merupakan salah satu naungan dari PT. Telekomunikasi Indonesia yang bertugas menyediakan pelayanan jasa telekomunikasi untuk umum. Produk baru dengan nama IndiHome merupakan salah satu program dari proyek utama Telkom dengan menggandeng sejumlah pengembangan teknologi komunikasi untuk membangun rumah berkonsep digital. Sehubungan dengan adanya selalu permintaan pemasangan layanan IndiHome, maka akan sering ditemukan keluhan atau laporan berupa gangguan koneksi jaringan internet dari pelanggan IndiHome. Pada saat ini laporan gangguan yang diterima oleh teknisi berupa tidak bisa terkoneksi ke jaringan internet. Oleh karena itu teknisi selalu menghubungi pelanggan terlebih dahulu melalui telepon sebelum ke rumah pelanggan untuk memperbaikinya. Dari interaksi tersebut teknisi melakukan pertanyaan berupa lampu indikator apa saja yang mati dan hidup di modem pelanggan. Hasilnya teknisi hanya sebatas melakukan pencatatan laporan gangguan secara manual saja tanpa dapat memberikan solusi langsung. Kemampuan ini bisa diterapkan dalam bentuk perangkat lunak komputer yaitu menggunakan sistem pakar. Metode sistem pakar yang digunakan adalah forward chaining dimana nantinya metode ini digunakan untuk pencarian fakta-fakta gangguan internet yang terjadi dari penelusuran modem yang digunakan pelanggan sampai dengan gejala gangguan internet, sehingga ditemukan solusi dari gangguan internet tersebut.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Computer Based Information System Journal
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.