PERAN LITERASI, PERILAKU, DAN TEKNOLOGI TERHADAP INKLUSI KEUANGAN YANG DIMEDIASI OLEH MODAL INTELEKTUAL

Penulis

  • Ryan Dwi Prayoga Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sri Padmantyo Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33884/jimupb.v12i1.8397

Kata Kunci:

Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan, Teknologi Keuangan, Modal Intelektual, Inklusi Keuangan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi penting dalam memahami dinamika inklusi keuangan di kalangan mahasiswa, khususnya di kota Surakarta. Berfokus pada tingkat literasi keuangan, perilaku keuangan dan teknologi keuangan, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sejauh mana faktor-faktor tersebut mempengaruhi inklusi keuangan melalui modal intelektual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan memiliki dampak positif terhadap inklusi keuangan, yang menunjukkan bahwa pemahaman yang baik terhadap konsep keuangan mendorong partisipasi yang lebih aktif dalam layanan keuangan. Perilaku keuangan juga berperan penting dalam membangun inklusi keuangan. Perilaku yang cerdas dalam hal pengeluaran, pengelolaan kekayaan, dan keputusan investasi dapat meningkatkan akses mahasiswa terhadap layanan keuangan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Pentingnya teknologi keuangan dalam konteks inklusi keuangan juga terlihat dari hasil penelitian ini. Penggunaan teknologi keuangan memberikan akses yang lebih efektif dan efisien kepada mahasiswa terhadap layanan keuangan, sehingga memperluas peluang inklusi keuangan di era digital. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi institusi pendidikan, pemerintah, dan penyedia jasa keuangan untuk mengembangkan strategi yang lebih baik dalam rangka meningkatkan inklusi keuangan mahasiswa.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-22