Strategi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Menjadi Inovatif dengan Menggunakan Teknologi Smartphone
Kata Kunci:
Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Inovasi, Ponsel PintarAbstrak
Dalam perkembangannya, UMKM mengalami kendala yang datang dari internal dan eksternal. Kendala internal adalah (1) 60-70% UMKM belum mendapatkan akses pembiayaan perbankan; (2) Kurangnya pengetahuan mengenai teknologi produksi terbaru; (3) Pemasaran produk masih cara sederhana; (4) Mayoritas belum memiliki badan hukum; (5) Mayoritas belum memiliki sistem administrasi keuangan dan manajemen yang baik. Sedangkan kendala dari eksternal adalah (1) Koordinasi antar stakeholder belum padu; (2) Kebanyakan UMKM menggunakan teknologi yang masih sederhana; (3) Keterbatasan akses terhadap bahan baku. Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut, UMKM perlu melakukan inovasi terhadap produk/jasa yang ditawarkan. Inovasi tentu melibatkan teknologi atau disebut dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Tujuan penelitian adalah (1) Menguraikan strategi UMKM menggunakan Teknologi Smartphone dalam menjalankan usaha secara inovatif; (2) Menerapkan strategi menjalankan usaha secara inovatif pada Usaha Mikro. Jenis dari penelitian ini adalah kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis SWOT. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Jumlah usaha yang dijadikan sumber data (informan) adalah sebanyak 11 (sebelas) usaha mikro pada sektor kuliner. Sumber data lainnya menggunakan hasil-hasil penelitian terdahulu dan pengamatan pada media sosial. Strategi yang dirumuskan diterapkan pada 1 (satu) usaha yang bersedia untuk dibimbing dalam menghasilkan inovasi produk. Kesimpulan penelitian adalah (1) Strategi usaha mikro dan kecil menjadi inovatif adalah dengan menggunakan aplikasi media sosial: Pinterest, Instagram, Youtube untuk mencari informasi tentang produk-produk inovatif, serta memanfaatkan layanan on demand service (GoFood/Grab Food) untuk memasarkan/menjual produk; (2) Strategi usaha mikro dan kecil menjadi inovatif telah diterapkan pada 1 (satu) usaha dan telah menghasilkan 2 (dua) menu baru.
Referensi
Amelia, M. N., Presetyo, Y. E., & Iswara, M. (2017). E-UMKM: Aplikasi Pemasaran Produk UMKM Berbasis Android sebagai Strategi Meningkatkan Perekonomian Indonesia. In SNATIF (pp. 11–16). Kudus: Universitas Muria Kudus.
Faller, C., & Feldmúller, D. (2015). Industry 4.0 Learning Factory for Regional SMEs. Procedia CIRP, 32(Clf), 88–91. https://doi.org/10.1016/j.procir.2015.02.117
Ioanid, A., Deselnicu, D. C., & Militaru, G. (2018). The impact of social networks on SMEs’ innovation potential. Procedia Manufacturing, 22, 936–941. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2018.03.133
Kadir, A. (2014). Pengenalan Sistem Informasi (Edisi Revisi). Yoyakarta: Andi Offset. https://doi.org/10.13140/2.1.2637.6328
Kwakwa, P. A. (2012). Mobile Phone Usage by Micro and Small Scale Enterprises in Semi-Rural Ghana. International Review of Management and Marketing, 2(3), 156–164.
LPPI, & BI. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM). Jakarta.
Nicolas Alarcón, C., Urrutia Sepúlveda, A., Valenzuela-Fernández, L., & Gil-Lafuente, J. (2018). Systematic mapping on social media and its relation to business. European Research on Management and Business Economics, 24(2), 104–113. https://doi.org/10.1016/j.iedeen.2018.01.002
Novalius, F. (2018). Indonesia Pengguna Smartphone Ke-4 Dunia, Begini Tekad Memperin Dongkrak Industri Telematika. Retrieved June 28, 2018, from https://economy.okezone.com/read/2018/02/17/320/1860752/indonesia-pengguna-smartphone-ke-4-dunia-begini-tekad-menperin-dongkrak-industri-telematika
Prashadana, Y. W., & Nugroho, E. C. (2016). Aplikasi Keuangan Rumah Tangga berbasis Android. Jurnal Ilmiah Go Infotech, 22(1), 7–14.
Rahmayani, I. (2015). Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asia. Retrieved June 28, 2018, from https://www.kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia/0/sorotan_media
Roosdhani, M. R., Wibowo, P. A., & Widiastuti, A. (2012). Analisis Tingkat Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Usaha Kecil Menengah di Kab. Jepara. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis.
Rotondi, V., Stanca, L., & Tomasuolo, M. (2017). Connecting alone: Smartphone use, quality of social interactions and well-being. Journal of Economic Psychology, 63, 17–26. https://doi.org/10.1016/j.joep.2017.09.001
Widyastuti, N. W. (2017). Consumtion Value Smartphone dalam Pandangan Pengelola Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Pemanfaatannya sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online. In Konferensi Nasional Komunikasi (Vol. 01, pp. 290–301). Jakarta.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Prosiding
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.