Pendekatan Dimensional Wisata Berbasis Komunitas: Eksistensi Pemasaran Digital Pada Masyarakat Pesisir Provinsi Kepulauan Riau

Penulis

  • David Humala Sitorus Universitas Putera Batam
  • Lismayasari Lismayasari Universitas Putera Batam

Kata Kunci:

Branding, Wisata berbasis Komunitas, Teknologi Digital

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan respon pada tinjauan alternatif pada komunitas berbasis wisata sebagai upaya untuk memberikan sumbangsih pada negara dan masyarakat kecil dengan terobosan percepatan ekonomi dan program pengentasan kemiskinan pada masyarakat lokal di desa wisata di seluruh provinsi Kepulauan Riau. Secara kontras dan normatif pembagian konsep wisata tak lepas dari Branding dan ciri khas wilayah dari konsep cultural dan etnik. Campur tangan teknologi mengindikasikan ada pola hubungan skematis dan konstruktif terkait dengan diferensiasi kebutuhan akan konsumsi wisata yang merupakan buah dari konsep community based tourism. Peneliti secara kontekstual yakni ada tiga dimensi pendukung yang memberikan pondasi kuat pada program perbaikan konstruk ekonomi masyarakat lokal Di provinsi Kepri yaitu branding, community based tourism, eksistensi masyarakat sekitar, kreativitas masyarakat dan stakeholder di dalamnya. Penelitian ini menggunakan metode survey kuantitatif dengan sampel diambil dari 160 warga desa wisata yang telah menggunakan teknologi digital terkait dengan pemasaran produk untuk proses branding kawasan lokal pada pengunjung tempat wisata di provinsi Kepulauan Riau. Penelitian ini merupakan penelitian survey dimana proses analisa data menggunakan analisis Structure Equation Model dengan pola basis analisis yang berkesinambungan.

Referensi

Alhaddad, A. (2014). The effect of brand image and brand loyalty on brand equity. International Journal of Business and Management Invention, 3(5), 28–32.
Amerta, I. M. S. (2017). Community based tourism development. International Journal of Social Sciences and Humanities, 1(3), 97–107. https://doi.org/10.29332/ijssh.v1n3.60
Cahyaningrum, D. (2017). Community Empowerment Based Local Wisdom In Tourism Of Bajo Community , Wakatobi. International Journal of Scientific & Technology Research, 6(11), 196–201.
Charan, A. (2015). Brand and Brand Image. In Marketing Analytics (pp. 3–22). https://doi.org/10.1142/9789814641371_0001
Imbaya, B. O., Nthiga, R. W., Sitati, N. W., & Lenaiyasa, P. (2019). Capacity building for inclusive growth in community-based tourism initiatives in Kenya. 30(May 2018), 11–18. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2019.01.003
Koski, P., Matilainen, A., Suutari, T., & Merja, L. (2018). Management by boundaries e Insights into the role of boundary objects in a community-based tourism development project € hdesm a. 67, 284–296. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2018.02.003
Lestari. E.G & Dewi.I.S. (2016). Kreativitas Pustakawan Pada Era Digital Dalam Menyediakan Sumber Informasi Bagi Generasi Digital Native. Kreativitas Pustakawan Pada Era Digital Dalam Menyediakan Sumber Informasi Bagi Generasi Digital Native, 1–17.
Mair, H. (2014). Community-based tourism. In Encyclopedia of Tourism (pp. 1–2). https://doi.org/10.1007/978-3-319-01669-6_32-1
Mirzai, A., Fard, Y. S., & Slambolchi, A. (2016). the Branding : a Study of Brand Image , Brand. Advanced Social Humanities and Management, 3(1), 52–64.
Mtapuri, O., & Giampiccoli, A. (2019). Tourism, community-based tourism and ecotourism: a definitional problematic. South African Geographical Journal, 101(1), 22–35. https://doi.org/10.1080/03736245.2018.1522598
Nair, V., Haniza Mohamad, nor, & Hamzah, A. (2013). Tourism cooperative for scaling up communitybased tourism. Worldwide Hospitality and Tourism Themes, Vol. 5, pp. 315–328. https://doi.org/10.1108/WHATT-03-2013-0017
Pawson, S., D’Arcy, P., & Richardson, S. (2017). The value of community-based tourism in Banteay Chhmar, Cambodia. Tourism Geographies, 19(3), 378–397. https://doi.org/10.1080/14616688.2016.1183143
Putra, R. A. (2018). Peran Teknologi Digital dalam Perkembangan Dunia Perancangan Arsitektur. Elkawnie, 4(1). https://doi.org/10.22373/ekw.v4i1.2959
Qom, M., & Azad, N. (2017). The impact of brand extension on brand image. Industrial Engineering and Management Systems, 16(4), 437–441. https://doi.org/10.7232/iems.2017.16.4.437
Rahmayani, I. (2018). Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asia.
Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 1–9.
Yusof, Y., Ibrahim, Y., Muda, M. S., & Amin, W. A. A. W. M. (2012). Community Based Tourism and Quality of Life. Review of Integrative Business and Economic Research, 1(1), 335–345.
Zarantonello, L., & Pauwels-Delassus, V. (2018). Brand Identity and Brand Image. In The Handbook of Brand Management Scales (pp. 6–25). https://doi.org/10.4324/9781315813998-2

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-01-27

Cara Mengutip

Sitorus, D. H., & Lismayasari, L. (2021). Pendekatan Dimensional Wisata Berbasis Komunitas: Eksistensi Pemasaran Digital Pada Masyarakat Pesisir Provinsi Kepulauan Riau. Prosiding, 3, 31–36. Diambil dari https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/3609

Terbitan

Bagian

Articles