PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE MS GLOW PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA DI KOTA BATAM
DOI:
https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v7i4.10191Kata Kunci:
Brand Image, Product Quality, E-WOM, Purchasing DecisionsAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh citra merek, kualitas produk dan e-WOM terhadap keputusan pembelian MS Glow Skincare pada e-Commerce Tokopedia di Kota Batam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 96 responden yang merupakan orang yang pernah membeli dan menggunakan MS Glow Skincare pada e-Commerce Tokopedia di Kecamatan Sagulung Kota Batam. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data primer. Pengolahan data menggunakan program SPSS Versi 26. Berdasarkan data dan analisis yang telah dilakukan, penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian MS Glow Skincare pada e-Commerce Tokopedia di Kota Batam. Selain itu, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian MS Glow Skincare pada e-Commerce Tokopedia di Kota Batam. Secara e-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian MS Glow Skincare pada e-Commerce Tokopedia di Kota Batam. Dan secara simultan, citra merek, kualitas produk dan e-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian MS Glow Skincare pada e-Commerce Tokopedia di Kota Batam.
Referensi
Chusnah, & Nurlailasari, R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Ctra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Dari PT Mandom. 5(2), 298–314. https://doi.org/10.34005/kinerja.v5i02.2716
Dhani, M. J. P., & Agustin, S. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ms Glow for Men. Ilmu Dan Riset Manajemen, 11, 1–17.
Doni Marlius, & Mutiara. (2022). Pengaruh Merek, Harga, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pembelian Smartphone Oppo pada Rindo Cell di Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan). Economina, 1.
Jumawar, E., & Nurmartian, E. (2022). Pengaruh Customer Experience Dan Customer Value Terhadap Customer Loyalty Indihome (Pada Pelanggan Indihome Area Gegerkalong). Journal Competency of Business, 5(02), 102–111. https://doi.org/10.47200/jcob.v5i02.1094
Kalsum, U., & Usuli, S. (2021). Pengaruh Variasi Produk Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minuman Boba Brown Sugar Gar_Fresh. Jurnal EKOMEN, 21(1), 58–68. https://ojs.unsimar.ac.id/index.php/EkoMen/article/view/428
Kumbara, V. B. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604–630.
Lestari, & Lestari, D. (2023). Pengaruh Desain Produk dan Price Fairness Terhadap Minat Beli dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Batik Sepiak Belitong. KALBISIANA, 9(4), 654–644.
Lorensia. (2022). Pengaruh Kinerja Layanan, Daya Tarik Promosi Dan Nilai Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Swalayan Garuda Mitra Di Kota Pontianak. BISMA, 7(7), 1519–1532.
Mustafa, R., & Setiawan, P. Y. (2022). Pengaruh Kewajaran Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. 11(5), 927–947.
Nurfadilah, Jatmiko, U., & Nurhidayati. (2023). Pengaruh Price Fairness, Lokasi Dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Rumah Subsidi Type 30/60 pada PT. Anugerah Agung Pratama Kediri. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi Ekonomi, 1(1).
Pratiwi, N. P. N. J., Harrtati, P. S., & Purwaningrat, P. A. (2024). Pengaruh Price Fairness, Influencer Marketing, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian ASI Booster by MamaBear di Toko Clandys Buluh Indah Denpasar. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan, Dan Pariwisata, 4(1), 153–163.
Ristanto, H., Ristanto, H., & Catur. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada CV Mitra Sejati Foamindo Semarang). 6, 58–71.
Sudiastari, N. K. T., & Hartati, P. S. (2022). Pengaruh Product Quality dan Price Fairness Terhadap Keputusan Pembelian Reseller Jordan Bakery pada PT. Nusa Kahyangan Asri Di Ketewel, Sukawati, Gianyar. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan, Dan Pariwisata, 2(2), 319–330.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Manajemen.
Vernanda Oktania Rahayu. (2022). Pengaruh Citra Merek, Social Media Marketing, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Es Teh Indonesia Cabang Tulungagung. Kontemporer Akuntansi, 2.








