PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT BANK MANDIRI SYARIAH CABANG FANINDO

Penulis

  • Muhammad Rizal Universitas Putera Batam
  • Titik Efnita

Kata Kunci:

Product quality, Service quality, Customer satisfaction

Abstrak

This study aims to analyze the influence of product quality and service quality on customer satisfaction at Fanindo PT Bank Mandiri Syariah Branch. This research was conducted at PT Bank Mandiri Syariah Fanindo Branch which is located at Fanindo shop F Block No. 5-6. The sample in this study amounted to 100 people taken using probability sampling techniques with random sampling method. Data collection is done by distributing questionnaires using a 5-point Likert scale to measure 15 indicators. This research uses data analysis method using SPSS version 21 software with the name IBM SPSS Statistics 21. The analytical tool used is multiple linear analysis, hypothesis testing using T test and F test. And first test result hypothesis is produc quality partial effect on customer satisfaction. The second hypothesis i that service quality has a partial effect on customer satisfaction. The third hypothesis is product quality and service quality simultaneously or jointly influence the satisfaction of the customers of PT Bank Mandiri Syariah Fanindo Branch.

Referensi

Abdullah, T. (2012). Manajaemen Pemasaran. depok: rajawali pers.
Diana, D. (2015). pengaruh promosi dan kualitas produk nivea terhadap keputusan pembelian. Manajemen.
Diza, F., Moniharapon, S., & Ogi, I. W. J. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen. Emba,
Kamila, I. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Jakarta Simprug). Ekonomi
Primasari, D. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Tabungan Ib Hasanah Kepuasan Nasabah Pada Bank Bni Syariah Kcp Ungaran. Ekonomi Dan Bisnis Islam.
Sedarmayanti. (2010). Reformasi
Administrasi Publik Reformasi Birokrasi, Dan Kepemimpinan Masa Depan : Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan Yang Baik. bandung: Refika Aditama.
Sembiring, I. J. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Mcdonald’s
Mt.Haryono Malang). Administrasi Bisnis, 15.
Suyonto, D. (2012). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran: Konsep,Strategi, dan Kasus. yogyakarta: CAPS.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip. Penerapan, Penelitian (1st ed.). yogyakarta: ANDI.
Wibowo, A. E. (2012). Aplikasi Praktis SPSS dalam penelitian. yogyakarta.
Wijayanto, K. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap KepuasanDan Loyalitas Nasabah Bank. Ekonomi Manajemen Sumber Daya,
Windarti, T. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Produk.
Yamit, Z. (2013). Manajemen Kualitas. Produk & Jasa. yogyakarta: Ekonisia .
Zahara, N. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan dan Fasilitas terhadap kepuasana nasabah Pt Top Finance kota Batam

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-07-01

Terbitan

Bagian

Vol 1 no 2 2019