P PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA ERAFONE GRAPARI TELKOMSEL BATAM CENTER

Penulis

  • Rizki Abiyyu Maulana Universitas Putera Batam
  • Asron

Kata Kunci:

kepuasan pelanggan, promosi, kualitas pelayanan

Abstrak

Kajian dilakukan di Erafone Grapari Telkomsel Batam Center yang merupakan tempat servis kartu khusus bagi pemegang kartu Telkomsel yang juga menjual berbagai jenis telepon. Pemilik perusahaan memprioritaskan kualitas layanan secara keseluruhan untuk melepaskan kesan positif di hati kliennya; semua kategori pelanggan yang tidak senang selalu diperlakukan dengan sangat hati-hati pada waktunya untuk mencegah mengecewakan mereka. Selain itu, banyak promosi diputuskan untuk ditawarkan untuk memungkinkan klien mengingat dan menggunakan hal-hal yang dibuat. Itu semua dilakukan untuk memastikan kebahagiaan klien dimaksimalkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji sejauh mana kualitas pelayanan dan promosi perusahaan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Dalam penelitian ini, pendekatan kuantitatif digunakan untuk memecahkan masalah yang ada dengan melakukan wawancara dan survei dengan menggunakan teknik observasi data. Jumlah responden dalam survei ini adalah 202, dan rumus Slovin digunakan untuk menghitung hasilnya. Terakhir, temuan evaluasi secara simultan variabel kualitas layanan dan promosi terhadap kepuasan pelanggan menunjukkan bahwa kualitas layanan dan promosi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.

Referensi

(Tiurma, 2018). Impak Kualitas Pelayanan dan kenaikan pangkat Terhadap Loyalitas Pelanggan PT Wap Logistikindo.

(Razak, 2019). Imbas Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan.

(Novianti, Endri, & Darlius, 2018). Kepuasan Pelanggan Memediasi impak Kualitas Pelayanan dan kenaikan pangkat Terhadap Loyalitas Pelanggan.

(Pasaribu, Sianipar, Siagian, Sartika, & Abstrak, 2019)

Impak kenaikan pangkat dan Harga Terhadap Keutusan Pembelian.

(Basrah Saidani (JRMSI) / 2019).

Analisis efek Kualitas Website serta kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada membentuk Minat Pembelian.

(Loisa & Matius / 2021).

Efek contoh kenaikan pangkat Flash Sale Terhadap Minat Pembeli dan Keputusan Pembeli di Marketplace Online.

(Hasugian, 2018).

Perancangan Website sebagai Media promosi dan berita.

(Sumarmin, 2019).

Analisis Implementasi Electronik Goverment Terhadap Pelayanan KTP elektronika.

(Tiurma, 2018).

Impak Dimensi Kualitas Pelayanan Website Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-15