PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN KOSMETIK PIXY DI MATAHARI MEGA MALL KOTA BATAM
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kepuasan konsumen terhadap kosmetik Pixy di Matahari Mega Mall Kota Batam dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, produk, dan citra merek. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik kuantitatif. 283 orang yang berbelanja di Matahari Mega Mall Kota Batam adalah populasi yang dimanfaatkan. 166 konsumen menjadi sampel penelitian, yang dipilih menggunakan metode sampling acak sederhana. Kuesioner digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 25, teknik analisis data meliputi uji statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh, dan uji hipotesis. Kepuasan konsumen dipengaruhi sebesar 67,7% oleh koefisien determinasi (R2) yang berasal dari variabel kualitas pelayanan, kualitas produk, dan citra merek. Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 0,113 atau 11,3% terhadap kepuasan konsumen (Y), kualitas produk (X2) berpengaruh sebesar 0,288 atau 11,3% terhadap kepuasan konsumen (Y) dan citra (X3) berpengaruh sebesar 0,216 atau 21,6% terhadap kepuasan konsumen (Y). Berdasarkan hasil uji t kualitas pelayanan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen, kualitas produk berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen, citra merek berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen, dan hasil uji f kualitas pelayanan, kualitas produk dan citra merek berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan konsumen