PENGARUH KREDIBILITAS KONTEN EDUKASI KANAL YOUTUBE KOK BISA? TERHADAP KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS

Penulis

  • Siti Nur Aisyah Universitas Putera Batam
  • Michael Jibrael Rorong Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v5i5.7880

Abstrak

Manusia modern bisa dikatakan sangat bergantung pada kemudahan dan kenyamanan
Internet. Di pertengahan tahun 2000-an, Internet mengalami booming yang mengubahnya menjadi
platform untuk menyebarkan konten. Akibatnya, banyak blog, situs web berbagi video, dan
situs jejaring sosial muncul tahun itu. Selain itu, media sosial juga dapat digunakan untuk
baik individu, komunitas, bisnis, dan organisasi. Youtube merupakan salah satu bentuk dari
media sosial yang populer dengan orang, kelompok, bisnis, dan organisasi. Kredibilitas
adalah persepsi seorang komunikator berdasarkan sudut pandangnya, yang menawarkan evaluasi
kepribadian atau karakter seorang komunikator. Bagi seorang komunikator, kredibilitas adalah sebuah kualitas
mereka perlu miliki karena memungkinkan mereka untuk mengirimkan fakta dan pemikiran dengan percaya diri.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan kepercayaan informasi pendidikan pada
YouTube dan dampaknya. Mengapa demikian? dengan persyaratan informasi pengikut. Seorang Likert
skala digunakan untuk mengumpulkan data melalui survei online atau kuesioner sebagai bagian dari
metodologi penelitian kuantitatif. Menurut temuan penelitian, pengikut YouTube
akun mungkin lebih tertarik untuk menerima informasi jika kredibel. Mengapa demikian? Bagaimana
ayo, di mata pengikut akun YouTube? Informasi yang ditampilkan adalah a
evaluasi subjektif dari prosedur atau sistem yang digunakan oleh pemegang akun YouTube.
Mengapa demikian? Kok bisa di mata followers akun youtube? Informasi
yang ditampilkan adalah evaluasi subjektif dari prosedur atau sistem yang digunakan oleh YouTube
pemilik akun. Mengapa demikian? dalam menghasilkan bahan berharga yang memenuhi kebutuhan masyarakat
tuntutan informasi secara keseluruhan. Kesimpulannya adalah reliabilitas isi (X1) pada
Akun Youtube memiliki pengaruh yang menguntungkan dalam meningkatkan minat terhadap kebutuhan akan informasi (Y).
Bagaimana bisa? dengan persentase 29,8%.
Kata kunci: Kredibilitas, Kebutuhan Informasi Akun Youtube

Referensi

Chang, Natalia, and Lusia Savitri Utami. 2022. “Pengaruh Kredibilitas Food Vlogger Terhadap Brand Awareness Omija (Studi Kasus Akun YouTube Ria Sukma Wijaya).” Prologia 6(1):141. doi: 10.24912/pr.v6i1.10346.

Farida, Nuke, Endah Purwitasari, and Imam Taufik. 2022. “Pengaruh Kredibilitas Influencer Terhadap Minat Beli Subscribers Pada Channel Youtube Otomotif Ridwan Hanif.” BroadComm 4(1):36–44. doi: 10.53856/bcomm.v4i1.233.

Fathiyyah, Rahma Nur, and Nofha Rina. 2019. “Pengaruh Kredibilitas Youtuber Terhadap Sikap Penonton Pada Channel Youtube Atta Halilintar.” Acta Diurna 15(2):98–118.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Spss 25. Semarang.

Habibah, Ira Nur, and Kharisma Nasionalita. 2019. “The Effect of Electronic Word of Mouth (E-WoM) by Beauty Influencer on Interests for Buying Brand Makeup Wardah (Study on YouTube Subscribers on Tasya Farasya Channel).” E-Proceeding of Management 6(3):6412–20.

Hermanto, Hermanto, and Darmanah Darmanah. 2020. “Pengaruh Kesejahteraan Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Pada Sekretariat Dewan Oku Timur.” Jurnal AKTUAL 17(2):119. doi: 10.47232/aktual.v17i2.40.

Kusumaningtyas, Rieke, Eva, and Rumyeni. 2022. “Pengaruh Content Creator TikTok @vmuliana Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Seputar Dunia Kerja Di Kalangan Followers.” KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilmu 1(3):901.

Ladhari, Riadh, Elodie Massa, and Hamida Skandrani. 2020. “YouTube Vloggers’ Popularity and Influence: The Roles of Homophily, Emotional Attachment, and Expertise.” Journal of Retailing and Consumer Services 54(December 2019):102027. doi: 10.1016/j.jretconser.2019.102027.

Muliawanti, Lintang. 2018. “Jurnalisme Era Digital.” Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi 2(1):50–69.

Nurkaolin, Vera, and Idola Perdini Putri. 2019. “Analisis Wacana Perempuan Dalam Film Kartini Karya Hanung Bramantyo Analisis Wacana Kritis Sara Mills.” 6(1):1465–71.

Pratiwi, Natalia, and Santi Delliana. 2022. “Pengaruh Konten Food Vlog Di Akun Youtube Ria Sw Terhadap Perilaku Konsumtif Subscriber.” Jurnal Komunikatio 8(1):43–54.

Rorong, Michael Jibrael. 2019. “Penempatan Teori Dalam Ilmu Komunikasi.” Commed : Jurnal Komunikasi Dan Media 4(1):90–107. doi: 10.33884/commed.v4i1.1417.

Safitasari, Maftukhah, Ida. 2017. “Pengaruh Kualitas Layanan, Promosi Dan Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Melalui Keputusan Pengunjung.” Management Analysis Journal 6(3):310–19. doi: 10.15294/maj.v6i3.17500.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono, Dr. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Suherman, Herry. 2018. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Selaras Karya Raya Jakarta.” JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia) 2(1):1–14. doi: 10.32493/jjsdm.v2i1.1932.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-14

Terbitan

Bagian

Articles