STUDI FENOMENOLOGI DAN ANALISIS DRAMATURGI PENGALAMAN HIDUP PADA SISWA SMA NEGERI 17 BATAM PENGGUNAAN SECOND ACCOUNT INSTAGRAM
PENDAHULUAN, KAJIAN TEORI, METODOLOGI PENELITIAN, HASIL DAN PEMBAHASAN, SIMPULAN, DAFTAR PUSTAKA
DOI:
https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v6i1.8320Kata Kunci:
Dramaturgi Fenomenologi Instagram Remaja Second AccountAbstrak
Remaja adalah salah satu yang paling banyak dikaitkan dengan perkembangan teknologi. Masa remaja menjadi masa manakala seseorang yang mengamuk dengan kekerasan mencari identitas dan pengalaman mereka. Hal ini juga mengarah ke di mana banyak remaja dengan mudah mengikuti hal-hal yang dilakukan oleh orang lain seperti membentuk citra diri yang baik, mereka ingin dikagumi, mereka ingin mendapatkan pengakuan oleh masyarakat, dan mereka ingin menunjukkan keberadaan mereka melalui pengalaman yang mereka rasakan. Sama halnya dengan siswa SMA Negeri 17 Batam yang memiliki akun Instagram. Bagi sebagian mahasiswa, tidak hanya menggunakan Instagram sebagai media berbagi informasi dan komunikasi, tetapi juga menjadikan Instagram sebagai tempat berbagi pengalaman dan tempat mengadu. Bahkan ada satu mahasiswa yang memiliki 2 akun Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengalaman, bentuk, pola, kegiatan, dan bagaimana pengguna Frontstage dan Backstage akun kedua pada siswa SMA Negeri 17 Batam. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, yang didasarkan pada pengalaman subjektif atau fenomenologis seseorang dan menggunakan analisis dramatis (sebagai teori). Hasil penelitian ini adalah bagaimana pengalaman komunikasi, bentuk dan pola komunikasi, kegiatan komunikasi, serta Front stage dan Back stage pada pengguna second account pada siswa SMA Negeri 17 Batam
Referensi
Ayun, P. Q. (2015). Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalam Membentuk Identitas. CHANNEL Jurnal Komunikasi, 3(2), 1–16. https://doi.org/10.12928/channel.v3i2.3270
Biiznilla Yulian, S., & Syahriar Sugandi, M. (2019). Perilaku Komunikasi Otaku dalam Interaksi Sosial (Studi Fenomenologi Pada Anggota Komunitas Jepang Soshonbu Bandung). Jurnal Komunikasi, 13(2), 191–200. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol13.iss2.art6
Budiani, A. N., Fauzi, F., & Bantar, G. Y. (2023). Gambaran Self disclosure Pengguna Second account Instagram ( Studi Fenomenologi Self disclosure Pengguna Second account Instagram Pada Dewasa Awal ). 7, 17238–17243.
Evita, N., Prestianta, A. M., & Asmarantika, R. A. (2023). Patterns of media and social media use in generation z in Indonesia. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 7(1), 195–214. https://doi.org/10.25139/jsk.v7i1.5230
Fauzi, E. P. (2021). Konstruksi Sosial Soft Masculinity dalam Budaya Pop Korea. Jurnal Ilmu Komunikasi, 19(1), 127. https://doi.org/10.31315/jik.v19i1.3687
Febiana Christanti, M., Bestari Mardani, P., Putri Cahyani, I., & Yoga Sembada, W. (2021). “Instagramable” : Simulation, Simulacra And Hyperreality on Instagram Post. International Journal of Social Service and Research, 1(4), 394–401. https://doi.org/10.46799/ijssr.v1i4.59
INSTAGRAM POST AS A PERSONAL BRANDING MEDIA TO BUILD. (2022). May 2020, 88–95.
Nuranisa Zamila, & Eni Nuraeni Nugrahawati. (2023). Pengaruh Kepribadian (Five Factor Personality) terhadap Perilaku Cyberbullying pada Pengguna Media Sosial. Jurnal Riset Psikologi, 61–68. https://doi.org/10.29313/jrp.v3i1.2060
Rachmawaty, D., Rochayanti, C., & Sosiawan, E. A. (2013). Komunikasi Interpersonal Pembina Rumah Singgah dan Anak Jalanan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(3), 213–222. http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/3802
Rizkiana, N. I., & Aprianti, A. (2023). Dramaturgi Pengguna Second Account Pada Generasi Z. EProceedings of Management, 9(6).
Rorong, M. J. (2018). The Presentation Of Self in Everyday Life: Studi Pustaka Dalam Memahami Realitas Dalam Perspektif Erving Goffman. Jurnal Oratio Directa, 1(2), 119–132.
Rorong, M. J. (2019). Penempatan Teori Dalam Ilmu Komunikasi. Commed : Jurnal Komunikasi Dan Media, 4(1), 90–107. https://doi.org/10.33884/commed.v4i1.1417
Sudarmika, D., & Sella, N. (2020). INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA SOSIAL DALAM MEMBENTUK PERSONAL BRANDING NASYA MARCELLA. Jurnal Komunikasi Dan Media, 6(1).
Tanwar, C., & Rai, S. (2022). Social Media as Platforms of Dramaturgy : Text and Display Pictures as Tools of Impression Management. 11(1), 288–302.
Wibowo, G., & Soraya, I. (2023). Dramaturgi Dalam Membentuk Persentasi Diri Presenter. Jurnal Komunikasi, 14(1), 59–72. https://doi.org/10.31294/jkom.v14i1.14650
Yudhistira Iksandy, D. (2022). DRAMATURGI PENGGUNA SECOND ACCOUNT DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. http://jurnal.utu.ac.id/jsource
Yuniati, U., & Katon, F. (2020). through Phenomenology Approach. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18.