PENGARUH KREDIBILITAS BERITA DAN JENIS BERITA PADA KONTEN INSRAGRAM @BATAMNEWSONLINE TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN FOLLOWERS

PENDAHULUAN, KAJIAN TEORI, METODOLOGI PENELITIAN, HASIL DAN PEMBAHASAN, SIMPULAN, DAFTAR PUSTAKA

Penulis

  • Mia Puspitasari Universitas Putera Batam
  • Pak Bidin UNIVERSITAS PUTERA BATAM

DOI:

https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v6i2.8322

Kata Kunci:

Kredibilitas Berita, Jenis Berta Tingkat kepercayaan berita

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kredibilitas berita dan jenis berita pada konten Instagram @batamnewsonline terhadap tingkat kepercayaan pengikut. Informasi dianggap sangat penting saat ini, karena informasi dibutuhkan oleh masyarakat untuk menemukan informasi tentang hal-hal yang mereka cari. Akun Instagram @batamnewsonline menyebarkan informasi khususnya di Kota Batam. Memenuhi kebutuhan informasi harus memiliki pesan yang memiliki kredibilitas dari media yang menyampaikan pesan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kredibilitas berita dan jenis berita pada konten Instagram @batamnewsonline terhadap kepercayaan followers dengan Fringing 393.164 ub Fubl 3.087 dan tingkat signifikansi 0,000 yaitu 0,05. Pengaruh besar kredibilitas berita dan jenis berita di konten Instagram @batamnewsonline terhadap kepercayaan pengikut adalah 88,7%.

Referensi

Abidin, S., Sos, S. I., & Kom, M. I. (2020). KREDIBILITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @ SEMUATENTANGBATAM PADA PEMENUHAN INFORMASI FOLLOWERS.

Barus, A. G. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @BOBBYNST TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS DI KOTA MEDAN. Jurnal Komunika : Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(2), 1–10.

Bata, C. O., & Wahid, U. (2020). Diskursus Kredibilitas dan Pertimbangan Etika Pers dalam Proses Produksi Berita Viral # Justiceforaudrey di Liputan 6 Siang SCTV. 4(1), 1–8.

Gines, V., & Emilianshah, H. (2023). Pengaruh Terpaan dan Kredibilitas Instagram @ Netflixid Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Trailer Film Bagi Followers. 5, 102–113.

Hafizh, F., & Hasbiansyah, O. (n.d.). Hubungan Personal Branding Influencer sebagai Ambassador Vaksin dengan Kepercayaan Followers pada Vaksin. 119–125.

Hoerunnisa, L., Muchtar, K., & Suryana, C. (2020). Kredibilitas media online dalam pandangan mahasiswa 1). 122–136.

Indrajaya, S. E., Indrajaya, S. E., Lukitawati, L., Komunikasi, M. I., & Diponegoro, U. (2019). Tingkat Kepercayaan Generasi Z terhadap Berita Infografis dan Berita Ringkas di Media Sosial. April, 169–182.

Kaharmudzakir, I., Ichlas, M., & Qudsi, E. (2022). Pengaruh Konten Instagram @ interstudiofficial dan Opini Mahasiswa terhadap Citra Perguruan Tinggi InterStudi. 5, 127–140.

Karduni, A., Wesslen, R., Markant, D., & Dou, W. (2023). Images , Emotions , and Credibility : Effect of Emotional Facial Expressions on Perceptions of News Content Bias and Source Credibility in Social Media. Icwsm.

Karlsen, R., & Aalberg, T. (2023). Social Media and Trust in News : An Experimental Study of the Effect of Facebook on News Story Credibility Social Media and Trust in News : An Experimental Study of the Effect of Facebook on News Story Credibility. Digital Journalism, 0(0), 1–17. https://doi.org/10.1080/21670811.2021.1945938

Masitoh, S., Nursanta, E., Wulandari, C., Komunikasi, F. I., Gunadarma, U., & Barat, J. (2021). PENGARUH NILAI BERITA DAN KREDIBILITAS MEDIA AKUN INSTAGRAM @ KOMPASCOM TERHADAP. 31–41.

Mulia, U. B., Raya, J. L., & Utara, J. (2022). PENGARUH TERPAAN BERITA DAN KREDIBILITAS PEMBERITAAN OMICRON PADA KOMPAS.COM TERHADAP PERILAKU SEHAT MAHASISWA DKI JAKARTA. Jurnal Sains Terapan, 12, 154–164.

Nata, J. H. (2018). Mobile Display Advertising ” Pengaruh Aktifitas Browsing , Flow , dan Kepercayaan Online Terhaap Niat Pembelian Barang-Barang Baru di Instagram ” ( Studi Pada Follower Akun Instagram Kategori Produk Fashion , Gadget , dan Kuliner di Surabaya ). 2, 16–30.

Nusantara, U. D. (2023). PENGGUNAAN MEDIA DAN KREDIBILITAS MEDIA ONLINE : MENGANALISIS PENGARUHNYA PADA PEMENUHAN. 7(1), 76–86.

Prasetyo, I. J. (n.d.). Pengaruh Pemberitaan Media Massa Terhadap Kredibilitas Pemimpin Simbolik Keagamaan. 159–169.

Putera, U., Jl, B., Batam, K., & Riau, K. (2019). AGENDA SETTING DAN KREDIBILITAS HARIAN TRIBUN BATAM DALAM MEMBANGUN PERSEPSI MASYARAKAT DI KOTA BATAM : ( STUDI PEMBERITAAN IMPLEMENTASI KAWASAN EKONOMI KHUSUS ) Agenda Setting and Credibility of Harian Tribun Batam Newspaper in Perception Building of communities in Batam City : ( Study of Implementation of Special Economic Areas ) Ageng Rara Cindoswari dan Sholihul Abidin Abstrak. 1, 22–31.

Ramdan, A. K., Rismawan, F. R., Wiharnis, N., & Safitri, D. (2019). Pengaruh Akun Instagram @ temandisabilitas _ Id dalam Meningkatkan Kesadaran Followers Terhadap Difabel. 4(2), 104–115.

Raya, A. Y. (2021). HUBUNGAN ANTARA KUALITAS ISI KONTEN DAN KREDIBILITAS SUMBER INFORMASI DENGAN MINAT MEMBACA BERITA DI AKUN INSTAGRAM @CEGATANSEMARANG PADA MASYARAKAT KOTA SEMARANG.

Ruth, I., & Oishi, V. (2023). PENGARUH KREDIBILITAS SUMBER DAN BRAN IMAGE ATHENA TERHADAP MINAT BELI FOLLOWERS (Survey Pada Follower Akun tiktok @dr Richard Lee). 7(2), 156–168.

Santi, D., Nangi, J., & Ransi, N. (2020). Implementasi Naïve bayes Clasifier dalam Klasifikasi Jenis Berita. 10(1).

Soraya, N. A., Gumilar, G., & Al-faqih, M. Z. (2023). The Meaning of Citizen Journalism Ethics by Citizen Journalists of Tempo Witness in the Central Java Region. 06(02).

Staal, C., & Overgaard, B. (2023). Mitigating the consequences of negative news : How constructive journalism enhances self-efficacy and news credibility Mitigating the consequences of negative news : How constructive journalism enhances self-ef fi cacy and news credibility. May. https://doi.org/10.1177/14648849211062738

Wafi, A. A., Haes, P. E., Komunikasi, I., & Hukum, F. (2020). Kredibilitas Portal Berita Online Dalam Pemeberitaan Covid-19 ( Studi kasus Tribun Bali Periode Maret – Juni 2020 ). 3, 31–37.

Wicaksana, D. A., & Anggraini, R. (2023). Pengaruh Instagram @ Detikcom Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. 1(2), 55–76.

Wilopo, Y. P. (n.d.). PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DOUBLETREE BY HILTON SURABAYA.

SUMBER BUKU

M.Si., D. A. H. S. (2005). JURNALISTIK ONLINE. Simbiosa Rekatama Media.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-02-12

Terbitan

Bagian

Articles