KAJIAN KOMUNIKASI BUDAYA MELAYU PADA CHANNEL YOUTUBE APRESIASI DARI KEPRI

Penulis

  • Ronalisa Sitorus Universitas Putera Batam
  • Michael Jibrael Rorong UNIVERSITAS PUTERA BATAM

DOI:

https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v6i3.8352

Kata Kunci:

Pola Komunikasi, Bentuk Komunikasi, Budaya Melayu, Komunikasi Massa, Saluran Youtube

Abstrak

Budaya Melayu adalah budaya yang diwariskan dari generasi ke generasi dan dilakukan oleh masyarakat. Tidak dapat dipungkiri bahwa peradaban Melayu adalah salah satu dasar peradaban di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Kamboja, Filipina, Sri Lanka, hingga Madagaskar dan Afrika Selatan, yang merupakan negara-negara anggota Asia Tenggara. Salah satu daerah di Indonesia yang menganut budaya Melayu adalah Provinsi Kepulauan Riau, di mana budaya ini dideskripsikan oleh salah satu akun channel Youtube, Kepulauan Apresiasi Dari Riau. Saluran ini menggambarkan budaya Melayu yang dikemas dalam bentuk konten video. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola dan bentuk komunikasi yang ditemukan di saluran Apresiasi Dari Kepri, serta untuk melihat bagaimana budaya Melayu ditampilkan di saluran ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pengumpulan data dengan menggunakan netnografi yang dapat dilakukan melalui internet untuk berkomunikasi dengan peserta. Metode yang digunakan adalah netnografi dan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini terdapat dua pola komunikasi yang terdapat pada saluran YouTube Apresiasi Kepri, yaitu pola komunikasi linier dan pola komunikasi timbal balik atau dua arah. Bentuk komunikasi yang ditemukan pada saluran ini adalah bentuk komunikasi massa, dan saluran ini menggambarkan budaya Melayu berdasarkan kebiasaan yang benar-benar terjadi dalam masyarakat Melayu di daerah tertentu.

Referensi

Hermawan, F. (2022). Analisis Minat Masyarakat Pengguna Platform YouTube sebagai Media Komunikasi Digital Masa Kini . Manajemen, 14(3), 564–573. https://doi.org/10.29264/jmmn.v14i3.1156 5

Bakry, U. S. (2017). Pemanfaatan Metode Etnografi dan Netnografi Dalam Penelitian Hubungan Internasional. Jurnal Global & Strategis, 11(1), 15. https://doi.org/10.20473/jgs.11.1.2017.15- 26

Dadan Iskandar. (2004). IDENTITAS BUDAYA DALAM KOMUNIKASI ANTAR-BUDAYA:

Kasus Etnik Madura dan Etnik Dayak Dadan Iskandar 1. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 6(2), 119–140. https://jmb.lipi.go.id/index.php/jmb/article/ download/208/188

Eko Nugroho. (2019). Teoritisasi Komunikasi Dalam Tradisi Sosiokultural. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 236–253.

https://doi.org/10.21009/communicology.0 12.09

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–

https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Michael Jibrael Rorong. (2019). Penempatan Teori Dalam Ilmu Komunikasi (KAJIAN KEPUSTAKAAN DALAM PERSPEKTIF DEDUKTIVE-INTERPRETIF). Commed

: Jurnal Komunikasi dan Media Vol. 4 No. 1 Agustus 2019 ISSN. 2527-8673,

Mailin. (2016). Komunikasi Penanaman Nilai- Nilai Budaya Komunikasi Islam Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri. 1–231.

http://repository.uinsu.ac.id/7567/1/Disert asi- Mailin.pdf%0Ahttp://repository.uinsu.ac.i d/7567/

Muntu, S. A. J., Tangkudung, J. P. M., & Lotulung, L. J. H. (2021). Studi netnografi pada media sosial instagram. Acta Diurna Komunikasi, 3(4), 1–8. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/act adiurnakomunikasi/article/view/36005

Rahmatika, A. (2022). Memanfaatkan Teknologi Dalam Melestarikan Budaya Untuk Kemajuan Bangsa. Memanfaatkan Teknologi Dalam Melestarikan Budaya Untuk Kemajuan Bangsa, 1–8.

Sumartono, S. (2018). Semantik dan netnografi sebagai pendekatan penelitian untuk perancangan kembali (redesign) sebuah produk. Productum: Jurnal Desain Produk (Pengetahuan Dan Perancangan Produk), 3(3), 95–100. https://doi.org/10.24821/productum.v3i3. 1925

Tirta, D. (2014). Paradigma Konstruktivisme. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 48, 47–60.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-02-12

Terbitan

Bagian

Articles