STRATEGI PROMOSI EKOWISATA MANGROVE PANDANG TAK JEMU DI KOTA BATAM
DOI:
https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v6i3.8378Abstrak
Komunikasi memiliki peran yang penting bagi perkembangan pariwisata khususnya di Kota Batam. Dalam memperkenalkan potensi ekowisata kepada wisatawan, selain pengelolaan tempat wisatanya yang baik dibutuhkan juga promosi yang kreatif dan efektif. dalam penelitian ini untuk melakukan promosi wisata peneliti menggunakan pendekatan komunikasi pemasaran terpadu atau (Integrated Marketing Communication) IMC. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui strategi komunikasi apa yang tepat digunakan pokdarwis dalam mempromosikan Ekowisata Mangrove Pandang Tak Jemu. dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode kualitatif dilakukan melalui teknik wawancara kepada narasumber dengan membatasi poin wawancara pada topik yang relevan. Pengambilan sampel melalui metode snowball sampling secara bertujuan (purposive) sampai data yang dikumpulkan dianggap representatif. Selain wawancara penulis juga melakukan observasi langsung di sekitar destinasi wisata dan menggunakan dokumentasi sumber data yang berupa gambar-gambar kegiatan ekowisata, rekaman dan gambar, serta catatan atau rekapan kegiatan pokdarwis. Hasil penilitian ini adalah penerapan pada unsur bauran promosi atau (Mix Promotion) yang meliputi : periklanan (advertising), pemasaran langsung (direct marketing), publisitas (publicity), pemasaran (sponsorships), promosi penjualan (sales promotion)
Kata Kunci : Kelompok Sadar Wisata, Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu, Promosi.