PENGARUH LITERASI KEUANGAN, KUALITAS PELAYANAN DAN PROSEDUR KREDIT TERHADAP KEPUTUSAN KREDIT NASABAH BPR KOTA BATAM
DOI:
https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v6i1.8692Kata Kunci:
Literasi Keuangan; Kualitas Pelayanan; Prosedur Kredit; Keputusan KreditAbstrak
Seiring dengan perkembangan kebutuhan akan modal pada saat ini telah membawa
para pelaku perbankan ke era persaingan yang sangat ketat untuk memperebutkan
pencari modal sebagai nasabah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat
pengaruh variabel literasi keuangan (X1), kualitas pelayanan (X2) dan prosedur
kredit (X3) terhadap variabel keputusan kredit (Y). Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif, dengan pendekatan kuantitatif peneliti mennggunakan
metode survei, dimana metode pengumpulan data yang dilakukan langsung dari
sumbernya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nasabah BPR
Barelang Mandiri dan BPR Dana Makmur yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan
(OJK) Kota Batam selama tahun 2023 dengan jumlah sampel sebanyak 184 orang.
Hasil penelitian dibuktikan melakui Uji t, variabel literasi keuangan tercatat secara
parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan kredit nasabah BPR
Kota Batam. Variabel kualitas pelayanan dan prosedur kredit berpengaruh secara
parsial terhadap keputusan kredit nasabah BPR Kota Batam. Hasil penelitian juga
membuktikan bahwa uji F hitung pada ketiga variabel independen yaitu literasi
keuangan, kualitas pelayanan dan prosedur kredit secara simultan berpengaruh
signifikan terhadapa keputusan kredit nasabah BPR Kota Batam. Hasil analisis
koefisien determinasi Adjusted R Square sebesar 0,295 atau 29,5% dapat diartikan
bahwa pengaruh literasi keuangan , kualitas pelayanan dan prosedur kredit berada
pada presentase 29,5% sisanya 70,5% dipengaruhi oleh variabel lainnya.
Referensi
Aliviameita, A., & Puspitasari. (2020). Buku Ajar Mata Kuliah. In Umsida Press Sidoarjo
Universitas (Vol. 1, Issue 1).
Anbiya, J. S., & Renny. (2020). Analisis Pengaruh
Tingkat Suku Bunga, Kualitas Pelayanan Inti
dan Kualitas Pelayanan Periferal Terhadap
Keputusan Penggunaan Fasilitas Pinjaman
Bank BRI Oleh Karyawan PDAM Cabang
Bekasi. Ekspansi: Jurnal Ekonomi, Keuangan,
Perbankan Dan Akuntansi, 12(2), 245–266.
https://doi.org/10.35313/ekspansi.v12i2.2085
Cahyadi, M. A., & Diatmika, I. P. G. (2021).
Pengaruh Layanan, Prosedur Kredit Dan
Promosi Terhadap Keputusan Umkm
Melakukan Pinjaman Kredit Pada Lembaga
Keuangan Bukan Bank (LKBB) Di Kecamatan
Buleleng. JIMAT (Jurnal Ilmiah MAhasiswa
Akuntansi) Undiksha, 1, 895–905.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/S1ak
/article/view/35159
Darmawan, A., & Fatiharani, D. (2019). Literasi
Keuangan, Faktor Demografi Dan Akses
Permodalan Pengaruhnya Terhadap
Keputusan Pengambilan Kredit Usaha Sektor
Informal. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 73–
https://doi.org/10.18196/mb.10169
F. F. D. Pasalbessy, V. (2021). Implementasi Sistem
Pengendalian Intern Pemberian Kredit Pada
Pt. Bank Perkreditan Rakyat (Bpr) Phidectama
Biak. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 55–
https://doi.org/10.55049/jeb.v12i1.72
Mahendra, D., Tinggi, S., Ekonomi, I., Unggul, A., &
Surakarta, B. (2019). PENGARUH SUKU
BUNGA , PROSEDUR PELAYANAN DAN
Buletin Ekonomi. 1.
Tobing, V. C., & Herman, H. (2020). Analisis Suku
Bunga Kredit Dan Jaminan Kredit Terhadap
Keputusan Kredit Pada Perusahaan
Pembiayaan Batam. Jurnal Akuntansi Dan
Investasi, 3(2), 1–12.
http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_akti
va/article/view/925