PENGARUH LITERASI KEUANGAN, KUALITAS PELAYANAN DAN PROSEDUR KREDIT TERHADAP KEPUTUSAN KREDIT NASABAH BPR KOTA BATAM

Penulis

  • sartika dewi sartika sartika dewi
  • Vargo Christian L. Tobing

DOI:

https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v6i1.8692

Kata Kunci:

Literasi Keuangan; Kualitas Pelayanan; Prosedur Kredit; Keputusan Kredit

Abstrak

Seiring dengan perkembangan kebutuhan akan modal pada saat ini telah membawa
para pelaku perbankan ke era persaingan yang sangat ketat untuk memperebutkan
pencari modal sebagai nasabah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat
pengaruh variabel literasi keuangan (X1), kualitas pelayanan (X2) dan prosedur
kredit (X3) terhadap variabel keputusan kredit (Y). Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif, dengan pendekatan kuantitatif peneliti mennggunakan
metode survei, dimana metode pengumpulan data yang dilakukan langsung dari
sumbernya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nasabah BPR
Barelang Mandiri dan BPR Dana Makmur yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan
(OJK) Kota Batam selama tahun 2023 dengan jumlah sampel sebanyak 184 orang.
Hasil penelitian dibuktikan melakui Uji t, variabel literasi keuangan tercatat secara
parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan kredit nasabah BPR
Kota Batam. Variabel kualitas pelayanan dan prosedur kredit berpengaruh secara
parsial terhadap keputusan kredit nasabah BPR Kota Batam. Hasil penelitian juga
membuktikan bahwa uji F hitung pada ketiga variabel independen yaitu literasi
keuangan, kualitas pelayanan dan prosedur kredit secara simultan berpengaruh
signifikan terhadapa keputusan kredit nasabah BPR Kota Batam. Hasil analisis
koefisien determinasi Adjusted R Square sebesar 0,295 atau 29,5% dapat diartikan
bahwa pengaruh literasi keuangan , kualitas pelayanan dan prosedur kredit berada
pada presentase 29,5% sisanya 70,5% dipengaruhi oleh variabel lainnya.

Referensi

Aliviameita, A., & Puspitasari. (2020). Buku Ajar Mata Kuliah. In Umsida Press Sidoarjo

Universitas (Vol. 1, Issue 1).

Anbiya, J. S., & Renny. (2020). Analisis Pengaruh

Tingkat Suku Bunga, Kualitas Pelayanan Inti

dan Kualitas Pelayanan Periferal Terhadap

Keputusan Penggunaan Fasilitas Pinjaman

Bank BRI Oleh Karyawan PDAM Cabang

Bekasi. Ekspansi: Jurnal Ekonomi, Keuangan,

Perbankan Dan Akuntansi, 12(2), 245–266.

https://doi.org/10.35313/ekspansi.v12i2.2085

Cahyadi, M. A., & Diatmika, I. P. G. (2021).

Pengaruh Layanan, Prosedur Kredit Dan

Promosi Terhadap Keputusan Umkm

Melakukan Pinjaman Kredit Pada Lembaga

Keuangan Bukan Bank (LKBB) Di Kecamatan

Buleleng. JIMAT (Jurnal Ilmiah MAhasiswa

Akuntansi) Undiksha, 1, 895–905.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/S1ak

/article/view/35159

Darmawan, A., & Fatiharani, D. (2019). Literasi

Keuangan, Faktor Demografi Dan Akses

Permodalan Pengaruhnya Terhadap

Keputusan Pengambilan Kredit Usaha Sektor

Informal. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 73–

https://doi.org/10.18196/mb.10169

F. F. D. Pasalbessy, V. (2021). Implementasi Sistem

Pengendalian Intern Pemberian Kredit Pada

Pt. Bank Perkreditan Rakyat (Bpr) Phidectama

Biak. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 55–

https://doi.org/10.55049/jeb.v12i1.72

Mahendra, D., Tinggi, S., Ekonomi, I., Unggul, A., &

Surakarta, B. (2019). PENGARUH SUKU

BUNGA , PROSEDUR PELAYANAN DAN

Buletin Ekonomi. 1.

Tobing, V. C., & Herman, H. (2020). Analisis Suku

Bunga Kredit Dan Jaminan Kredit Terhadap

Keputusan Kredit Pada Perusahaan

Pembiayaan Batam. Jurnal Akuntansi Dan

Investasi, 3(2), 1–12.

http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_akti

va/article/view/925

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-02-12

Terbitan

Bagian

Articles