Fenomena Konten Repost Sebagai Komunikasi Pemasaran Digital Pada Instagram @pstore_batam

Penulis

  • Naomi Siallagan Mahasiswa
  • Sholihul Abidin

Kata Kunci:

Konten Repost, Komunikasi Pemasaran Digital, Instagram

Abstrak

Di era digital saat ini, strategi pemasaran melalui media sosial sangat penting untuk menjangkau konsumen. Akun Instagram @pstore_batam menggunakan konten repost yaitu membagikan ulang konten dari pengguna lain sebagai bagian dari strategi pemasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran pada akun Instagram @pstore_batam dengan menggunakan teori IMC Kotler & Keller. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan Instagram @pstore_batam adalah pemasaran interaktif, melalui konten repost yang dihasilkan, audiens memiliki ketertarikan untuk sekedar melihat postingan @pstore_batam. Hasil penelitian pada kolom komentar postingan konten repost menunjukkan adanya interaksi konsumen terkait produknya, hal ini membuktikan bahwa strategi konten repost efektif dalam menarik minat beli konsumen.

 

Referensi

Arum, N. T. (2019). Pengolahan Arsip Dinamis Inaktif Dalam Upaya Mendukung Layanan Informasi Di Dinas Perpustakaan Dan Arsip Kabupaten Batam . Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(2), 251.

Clarista, Y., & Wijaya, S. L. (2021). Analisis Strategi IMC Public Relation PT Asuransi Binagriya Upakara Semarang Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Asuransi Di Masa Pandemi. Jurnal Public Relation, 2(1), 46.

Diwati, F., & Santoso, I. T. (2015). Pengaruh Strategi Integrated Marketing Communication (IMC) Terhadap Keputusan Membeli Konsumen Pada Bisnis Tour & Travel di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal EBBANK, 6(2).

Islam, D. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Membangun Kesan Dan Keterlibatan Konsumen (N. Q. Wijayani, Ed.). Eureka Media Aksara.

Kotler, P., & Keller, L. K. (2016). Marketing Management. Pearson Education.

Kusuma, F. D., & Sugandi, S. (2018). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 8(1), 19.

Monggilo, Z. M. Z. (2020). Analisis Konten Kualitiatif Hoaks Dan Literasi Digital Dalam @komikfunday. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 2.

Muljono, R. K. (2018). Digital Marketing Concept. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Nasrullah, R. (2017). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi (S. N. Nurbaya, Ed.; 4th ed.). Simbiosa Rekatama Media.

Octora, H., & Alvin, S. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Digital Pada Proses Penerimaan Mahawiswa Baru Untar. Jurnal Komunikasi & Administrasi Publik, 9(2), 263.

Yasundari. (2016). Hubungan Penggunaan Instagram Dengan Motivasi Wirausaha Pebisnis Daring (Online) Dalam Meningkatkan Produktivitas. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(2), 209.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-09-25

Terbitan

Bagian

Articles