PENGARUH E-WOM, BRAND IMAGE, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MS GLOW DI KOTA BATAM

Penulis

  • Hendra Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v7i1.9540

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM), citra merek, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk MS Glow di Batam. Di era digital, E-WOM merupakan faktor kunci yang memengaruhi pengambilan keputusan konsumen. Selain itu, citra merek yang kuat dan kualitas produk yang terjamin berperan signifikan dalam mendorong keputusan pembelian. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan sampel 100 konsumen MS Glow di Batam, dipilih menggunakan rumus Slovin, dan data dikumpulkan melalui kuesioner. Analisis dilakukan dengan menggunakan regresi berganda dengan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-WOM (koefisien regresi 0,582, nilai-t 12,544, p < 0,05), citra merek (koefisien regresi 0,626, nilai-t 12,214, p < 0,05), dan kualitas produk (koefisien regresi 0,315, nilai-t 7,268, p < 0,05) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan ini menyarankan peningkatan citra merek, memanfaatkan E-WOM, dan menjaga kualitas produk untuk meningkatkan keputusan pembelian.

Referensi

Ahi, A. A., Sinkovics, N., & Sinkovics, R. R. (2023). E-commerce Policy and the Global Economy: A Path to More Inclusive Development? Management International Review, 63(1), 27–56.

Angelia, M., & Widjaja 2024, W. (2024). Pengaruh Selebgram Endorsement dan E-Wom terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Bittersweet by Najla melalui Niat Beli. Studi Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 4(1), 13–31.

Azizah, A. N., & Maskur, A. (2024). PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, CITRA TOKO DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Konsumen Ikan Asin di Kabupaten Rembang). Jesya, 7(1), 68–79.

Daru, N. W., & Khoirul Anwar, M. (2019). Persepsi Konsumen Muslim Terhadap Produk Ms Glow yang Bersertifikat Halal di Surabaya. Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 15–24.

Fernandi, F., & Oktavia, Y. (2024). The Influence Of Product Diversity, Product Quality And Distribution Channels On Customer Loyalty At PT Pan Baruna Batam. Economics and Digital Business Review, 5(1), 373–382.

Jati, G. M. A., & Zaerofi, A. (2024). The Influence Of Brand Awareness, Brand Image, And Brand Trust On The Decision To Purchase HP Laptops In The Jabodetabek Community. Jurnal Ekonomi, 13(2), 1271–1281.

Maro’ah, A., & Rosyidi, S. (2024). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Ms Glow Di Rembang Kota. Jesya, 7(1), 434–442.

Millena, R., & Jesi, T. (2021). Jurnal Analisis Pendapatan Negara Indonesia Kota Bogor Provinsi Jawa Barat Dengan Metode Kuantitatif. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(2), 1004–1009.

Nazri Wahdana, M. (2022). The Effect Of E-Wom, E-Trust And E-Service Quality Islamic On Purchase Decisions On Ms Glow Skincare Products, S under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0). Jurnal Ekonomi, 11(03), 2022.

Novia Roudhlotul Janah 2021, E. S. (2021). The effect of brand image and electronic word of mouth on the interests of buying beauty products wardah. Journal of Economic, Business and Accounting, e-ISSN : 2597-5234, 4(2), 690–697.

Pertiwi, S. P., & Hayuningtias, K. A. (2024). The influence of product quality, brand image, and electronic-word of mouth on purchasing decisions (study on consumers of Bandeng Presto Bucin). Jurnal Ekonomi, 13(1), 1459–1470.

Pohan, M. K. C., & Ibrahim. 2024, H. (2024). Pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Bisnis Internasional Mutyara KD Chairunissa Pohan. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahan, 2(2), 148–154.

Putri, A. N. A., & Oktavia, Y. (2024). The Influence Of Brand Image, Product Quality And Promotion On Milo Purchase Decisions In Batam City. PRIMANOMICS : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS, 22(3), 1–11.

Putri, N. D. P. D., Novitasari, D., Yuwono, T., & Asbari, M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal Of Communication Education, 15(1), 1267–1283.

Subastian, D. V., Retno p, D. A., Firsa, E., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Celebrity Endorser Raffi Ahmad Terhadap Minat Beli Produk Skincare Ms.Glow. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(1), 1–10.

Sudarita.2020, Y. M. I. M. (2020). Pengaruh E-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik (Survey followers aktif akun @Jelitacosmetic_) Commercium, 3(1),36–40.

Sudirjo, F., Priyana, Y., & Permana, R. M. 2023. (2023). Pengaruh E-Wom, Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk MS Glow Beauty di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, 2(02), 1–10.

Wibowo, M. F. R., & Rusminah, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Coffe Shop Komunal. Distribusi - Journal of Management and Business, 9(2), 119–136.

Wicaksono, R. A., Octavia, A. N., & Aprianto, M. S. 202. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Indomie Di Semarang. Solusi, 21(1), 10

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-03-17

Terbitan

Bagian

Articles