PENGARUH INFLUENCER MARKETING, DIGITAL MARKETING DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ADES DI KOTA BATAM
DOI:
https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v7i1.9615Kata Kunci:
Influencer marketing, Digital marketing, Promosi, Keputusan pembelianAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Influencer Marketing, Digital Marketing dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Ades di Kota Batam. Dalam era digital yang terus berkembang menunjukkan bahwa Digital Marketing dan promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara Influencer Marketing memiliki pengaruh positif yang tidak signifikan. Temuan ini menunjukkan pentingnya peran Influencer, Digital Marketing dan promosi dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Rekomendasi untuk perusahaan adalah untuk lebih memfokuskan sumber daya pada kolaborasi dengan Influencer dan strategi Digital Marketing untuk meningkatkan daya tarik produk dipasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan survei kepada responden yang merupakan konsumen produk Ades di Kota Batam.
Referensi
Anggoro Wilis, R., & Faik, A. (2022). Effect of Digital Marketing, Influencer Marketing and Online Customer Review on Purchase Decision: A Case Study of Cake Shop “Lu’miere.” Petra International Journal of Business Studies, 5(2), 155–162. https://doi.org/10.9744/ijbs.5.2.155-162
Br Marbun, M., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). PENGARUH PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN TERHADAP PEMBELIAN ULANG (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). 3(2). https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2
Fathurrahman, M. M., Triwardhani, D., & Argo, J. G. (2021). Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2021 Pengembangan Ekonomi Bangsa Melalui Inovasi Digital Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Jakarta.
Hariyanti, N. T. (2018). PENGARUH INFLUENCER MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL ERA MODEREN (SEBUAH STUDI LITERATUR). https://www.researchgate.net/publication/339787291
Marlina, L., Putu, D., Ardiana, Y., Rini, K., Novianti, A., Srisusilawati, P., Yuniati, U., Manggabarani, A. S., Hanafiah, H., Triwardhani, D., Matondang, N., Wati, T., Astuti, M., & Pujianto, D. (2020). DIGITAL MARKETING. www.penerbitwidina.com
Marsha Putri, S. (n.d.). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Sneakerspku9.
Rajab, M. (2021). Relationship of E-Commerce, Influencer Marketing and Social Media to Digital Marketing (Marketing Management Literature Review). 2(4). https://doi.org/10.38035/dijefa.v2i4
Ryana Sari, C., & Molana Hidayat, A. (n.d.). THE INFLUENCE OF INFLUENCER MARKETING AND PRODUCT QUALITY ON PURCHASING DECISIONS AT UNIQLO TELKOM UNIVERSITY.
Sudarmiatin, S., Fitriana, F., & Hidayati, N. (2023). The Implementation of Digital Marketing in SME’s: Opportunities And Challenges During The Covid-19 Pandemic. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship. https://doi.org/10.17358/ijbe.9.1.72
Syahputra, R., Tinggi, S., Ekonomi, I., Batu, L., & Utara, S. (n.d.). STRATEGI PEMASARAN DALAM ALQURAN TENTANG PROMOSI PENJUALAN.
Virariani, A., Sapta Putra, S., Digdowiseiso, K., Ekonomi dan Bisnis, F., & Nasional, U. (2023). The Influence Of Digital Marketing, Influencers, And Promotions On The Purchasing Decision Of Scarlett Whitening Products In DKI Jakarta Pengaruh Penggunaan Digital Marketing, Influencer Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Di DKI Jakarta. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 4, Issue 6). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Wiranata. (n.d.).
Yusuf, A., & Sunarsi, D. (2020). THE EFFECT OF PROMOTION AND PRICE ON PURCHASE DECISIONS. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(2).