PENGARUH KEAMANAN, KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MAXIM DI KOTA BATAM

PENGARUH KEAMANAN, KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MAXIM DI KOTA BATAM

Penulis

  • Elida Wati Manihuruk Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v7i1.9628

Abstrak

ABSTRAK

 

Maxim adalah sebuah layanan transportasi online yang telah berkembang pesat di berbagai negara, termasuk Indonesia.  Layanan ini menawarkan berbagai pilihan transportasi, mulai dari taksi hingga ojek, dan bahkan mencakup layanan pengiriman barang dan makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keamanan , kepercayaan, dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan. Maxim di Kota Batam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi penelitian ini yaitu masyarakat Kota Batam dengan  teknik pengambilan sampeln mengunakan rumus Jacob Cohen sehingga diperoleh sampel berjumlah 204 orang serta pengolahan  data menggunakan SPSS 25. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 6,019 >1,971 dengan nilai signifikan 0,000 <0,05. Variabel kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 7,327>1,971 dengan nilai signifikan 0,000 <0,05, Serta variabel kepuasan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai t hitung 6,050>1,971 dengan nilai signifikan 0,000 <0,05,

Kata Kunci: Keamanan , Kepercayaan, Kepuasan, Loyalitas Pelanggan.

 

Referensi

Aprileny, I., & Emarawati, J. A. (2019). P Adanya mutu mutu pelayanan, harga dan kepuasan pelanggan meningkatkan loyalitas pelanggan di supermarket Tip Top Pondok Bambu. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(02), 237–254.

Aprilla, I. W., & Amalia, S. (2019). Perubahan mutu layanan secara maksimal membawa Loyalitas Pelanggan dalam Layanan Pengiriman Online. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 5(1), 1–9.

Fakhrudin, A. (2020). Pengaruh Kepuasan dan pelayanan yang berkualitas Terhadap Loyalitas Penumpang Garuda Indonesia di Bandar Udara Adi Soemarmo. Jurnal Manajemen, Koperasi Dan Entrepreneurship, 10(1), 102–113.

Himawati, U., Prajanti, S. D. W., & Sakitri, W. (2017). Dampak mutu layanan, ekspetasi pembeli dan budaya gusjigang kepada loyalitas pelanggan. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 865–876.

Khairany, A., & Husnayetti. (2020). Dampak mutu barang dan jasa kepada loyalitas Konsumen PT Trimasindo Global Perkasa. Indonesian Journal of Economics Application, 2(1), 30–33.

Nafisatin, L. E., Azhad, M. N., & Setianingsih, W. E. (2018). Dampak mutu layanan, janji konsumen dan kepercaayaan terhadap loyalitas Pelanggan. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(2), 180–195.

Nainggolan, N. P. (2018). Efek dari kepercayaan, kepuasan, dan kenyamanan kepada loyalitas Pelanggan PT Great Seasons Tours and Travel di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Manajemen UPB, 6(1), 49–62.

Pamungkas, C. F., Mursito, B., & Wulan,

I. A. D. P. (2019). Dampak

pengalaman pemasaran, nilai pelanggan dan ekspetasi konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Go-Jek di Surakarta. Jurnal Riset Akuntansi Dan Manajemen, 8(1), 39–45.

Permono, V. R., & Pasharibu, Y. (2021). Keterkaitan mutu harga, layanan dan iklan kepada Loyalitas Pelanggan Pada Pizza Hut. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 04(01), 46–60.

Pos Indonesia. (n.d.). Pos Indonesia. Posindonesia.Co.Id. Retrieved November 19, 2021, from

Rizkillah, A., Suryani, & Rahmawati. (2020). Peran mutu Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Bamboo Coffee dan Resto di Lhokseumawe. Jurnal MBIA, 19(1), 87–96.

Subekti, S. (2019). Pentingnya mutuLayanan dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Penumpang Garuda Indonesia di Bandar Udara Radin Inten II Lampung. Jurnal Warta Penelitian Perhubungan, 31(2), 93–104.

Sudarmo, T. P., & Sudarwanto, T. (2021). Persaingan layanan dan harga yang kompetitif untuk loyalitas pelanggan di Kantor Pos PT POS Indonesia (Persero) Jombang. Jurnal Manajemen dan Inovasi, 3(2), 199–212Suwarsito, & Aliya, S. (2020). Mutu layanan dan

Wati, W. T., Aprileny, I., & Emarawati, J.

A. (2020). efek Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan The Media Hotel & Towers Jakarta. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 17(02), 39–47.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-03-17

Terbitan

Bagian

Articles