PENGARUH KREATIVITAS IKLAN, DAYA TARIK PRODUK, DAN CUSTOMER SATISFICATION TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PROVIDER INDOSAT OOREDOO DI KOTA BATAM
PENGARUH KREATIVITAS IKLAN, DAYA TARIK PRODUK, DAN CUSTOMER SATISFICATION TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PROVIDER INDOSAT OOREDOO DI KOTA BATAM
DOI:
https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v7i2.9673Abstrak
Perkembangan provider di Indonesia diperkirakan akan semakin maju seiring dengan pesatnya transformasi digital. Dalam meningkatkan pengalaman layanan pelanggan, beberapa provider di Indonesia telah mengembangkan cukup beragam fitur pendukung untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Indosat Ooredo merupakan sala satu penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia. Beberapa metode yang telah diterapkan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan diantaranya yaitu pada aspek kreativitas iklan, daya tarik, serta customer satisfication. Penelitian deskriptif kuantitatif ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari variable kreativitas iklan (X1), daya tarik (X2), dan customer satisfication (X3) terhadap loyalitas pengguna Indosat Ooredo di Kota Batam. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan total sampel 380 responden . Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas iklan (X1), daya tarik (X2), serta customer satisfication (X3) memiliki pengarh signifikan terhadap loyalitas pengguna Indosat Ooredoo. Hal ini dikarenakan pelanggan yang puas cenderung merasa lebih terikat dengan merek dan memiliki pengalaman positif yang mendorong mereka untuk terus menggunakan produk atau layanan tersebut.
Kata Kunci: Kreativitas Iklan, Daya Tarik, Customer Satisfication, Loyalitas Konsumen.
Referensi
DJPPI Kominfo. (2024, February). Mengenal Tren Teknologi Intenternet of Things IoT. Retrieved July 2024, from djppi Koninfo: https://djppi.kominfo.go.id/news/mengenal-tren-teknologi-internet-of-things-iot
Elfira, Rahma Dilla. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian kartu Indosat Pascabayar di Kelapa Gading Jakarta Utara. Institut Bisnis dan Informatika.
Opensignal. (2024, Juli). Opensignal. Retrieved Juli Kamis, 2024, from Indonesia Pengalaman Fixed Broadband Juli 2024: https://www.opensignal.com/in/reports/2024/07/indonesia/fixed-broadband-experience
Budiyono, b. n. (2017) ‘STUDI MENGENAI PENGEMBANGAN STRATEGI PRODUK (Studi Kasus Minat Beli Produk Baru TELKOMFLEXI Di Surabaya)’, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 3(2), pp. 181–194. Available at: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jspi/article/view/14200.
Dr. M. Anang Firmansyah, SE., M. (2019) ‘Buku Pemasaran Produk dan Merek’, Buku Pemasaran Produk dan Merek, (August), pp. 1–337.
Musdalifah, M. and Hasan, F. (2020) ‘Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Dengan Variabel Kepuasan Sebagai Mediasi Di Kpri Makmur Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan’,
Sapma Apriliana, N. and Priyo Utomo, E. (2019) ‘Pengaruh Intensitas Melihat Iklan di Instagram terhadap Pengetahuan dan Perilaku Konsumtif Remaja Putri’, Jurnal Komunikasi, 13(2), pp. 179–190. Available at: https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol13.iss2.art5.
Setiyono, J. and Sutrimah, S. (2016) ‘Analisis Teks dan Konteks Pada Iklan Operator Seluler (XL dengan Kartu AS)’, Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(2), pp. 297–310. Available at: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.263.
Spirit, T.H.E. and Indonesia, O.F. (no date) ‘Unity in Service’, p. 4412.
Tjiptono, Fandy, D.A. (2020) ‘Pemasaran’, p. 124. Available at: https://opac.ut.ac.id/detail-opac?id=40067.