PENGARUH KESIAPAN ORGANISASI, TEKANAN EKSTERNAL, DAN MANFAAT DIRASAKAN PADA ADOPSI E-COMMERCE UMKM TERHADAP PENDAPATAN OPERASIONAL
DOI:
https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v7i3.9795Kata Kunci:
Organizational Readiness, External Pressure, Perceived Benefits on MSME E-commerce Adoption, Operational IncomeAbstrak
Batam merupakan salah satu kota dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang pesar di Indonesia. UMKM di Kota Batam ini dapat dilihat dari berbagai perkembangan sektor, baik melalui segi ekonomi, sosial, maupun kebijakan pemerintah. Di Kota Batam ini sering dikenal sebagai kota industri dan perdagangan internasional, karena kedekatannya dengan Singapura dan Malaysia yang membuat Kota Batam menjadi pusat ekonomi strategis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kesiapan organisasi, tekanan eksternal, dan manfaat dirasakan pada adopsi E-commerce UMKM terhadap pendapatan operasional. Sampel pada penelitian ini adalah pelaku UMKM di Kecamatan Batam Kota, Kota Batam. Dengan ini penelitina menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan mengumpulkan dan menyebarkan data. Data yang dimaksud ialah pengisian kuesioner, di mana pada penelitian dengan 163 orang responden. Data setelah diperoleh akan dilanjutkan untuk melakukan pengujian dengan menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kesiapan organisasi berpengaruh terhadap pendapatan operasional, Tekanan eksternal berpengaruh terhadap pendapatan operasional, dan Manfaat dirasakan pada adopsi E-commerc UMKM. Secara simultan ketiga variable dapat diketahui nilai f-tabel sebesar 3,05, f-hitung sebesar 1,414, dan nilai signifikan yang diperoleh sebesar <0,001 yang dimana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa variabel Kesiapan Organisasi (X1), Tekanan Eksternal (X2), dan Manfaat Dirasakan pada Adopsi E-commerce UMKM (X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Pendapatan Operasional (Y). Kesimpulan berdasarkan penelitian menyatakan bahwa H1 Diterima, H2 Diterima, H3 Diterima, dan H4 Diterima.
Referensi
Aliyansyah, I. (2020). ANALISIS PERAN USAHA MIKRO DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM.
Alzahrani, J. (2019). The impact Of E-Commerce Adoption On Business Strategy In Saudi Arabian Small And Medium Enterprises (SMEs). Review of Economics and Political Science, 4(1), 73–88. https://doi.org/10.1108/reps-10-2018-013.
Aprilia, Windi. dkk. (2024). Pengaruh E-Commerce terhadap Pendapatan UMKM Di Kabupaten Situbondo (Vol. 1, Nomor 1). Januari-Juni. https://unars.ac.id/ojs/index.php/JDBR
Ausat, A. M. A. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI E-COMMERCE DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA UKM.
Ayem, Sri. dkk. (2024). Pengaruh Penerapan E-commerce Terhadap UMKM: Tinjauan Literature Sistematis. Pendidikan Akuntansi.
Ayodya. (2020). UMKM 4.0 Strategi UMKM Memasuk Era Digital 4.0, Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Budiarto. (2021), Maintaining the Performance and sustainability of MSMEs with E-commerce: Research during the Covid-19 Pandemic. Journal of Economics, Business, & Accountyancy Venturn, 23(3).
Darmika. (2021) Pengaruh Financial Technology Terhadap perkembangan UMKM Di Kota Palopo. Jurnal UMKM Dewantara, 1(1), 20-28.
Effendi, A. Prameswari. dkk. (2021). Analysis of E-Commerce Adoption Factors by Micro, Small, and Medium Enterprise, and Its Effect on Operating Revenue. Jurnal Reviu Akuntansi dan Keuangan, 11(2), 250–265. https://doi.org/10.22219/jrak.v11i2.16667
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26.
Hamdan. (2020). Penyuluhan tentang Financial Technology Di Desa. Journal of Sriwijaya Community Services, 1(1), 1-8.
Hanny. (2020). Analisis Penggunaan E-commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM Kuliner Kecamatan Sawangan-Depok.
Hasiah, Khusnul. dkk. (2023). Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Era Bisnis Digital. Journal of Islamic Economics and Finance, 2(1), 23–34. https://doi.org/10.59841/jureksi.v2i1.676
Hasibuan, D. A. L. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI REALISASI PEMBIAYAAN MIKRO SYARIAH PADA USAHA.
Idawati. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja dan Keberlangsungan UMKM Di Kota Denpasar, Warmadewa Management and Business Jorunal (WMBJ), 2(1), 1-9.
Kala’lembang, A. (2020). Adopsi E-Commerce Dalam Mendukung Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi dan Manajemen. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/capital
Kurniawan. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Lingkungan Eksternal Bisnis, dan Kapasitas Penyerapan Terhadap Kinerja Bisnis, 3(2), 132-147.
Lele, J. Isak. dkk. (2020). Analisis Tingkat Kesiapan Organisasi untuk Berubah (Transformasi Menuju IAKN Kupang). BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 3(1), 61–75. https://doi.org/10.34307/b.v3i1.137
Maghfiroh, L. (2022). Adopsi E-Commerce Memediasi Hubungan Kesiapan Teknologi, Lingkungan Eksternal dan Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan UMKM. E-Jurnal Akuntansi, 32.
Margaretha, Cecilia. dkk. (2024). Analisis Proses Manajemen Strategik Pada PT Campina Ice Cream. Jurnal Ilmiah Multidisplin, 3. https://www.researchgate.net/publication/378040106
Masitoh, Itoh. dkk. (2020). Pengembangan Kompetensi Pendapatan Terhadap Kinerja UMKM Pada Masa Pandemi Covid 19 (Di Perumahan Deltamas Cluster Zona Eropa) (Vol. 2).
Mursito. (2020). Social Media Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Produk UKM (Studi Kasus di SMWSCO Jakarta) Pekobis: Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 4(2).
Nasri. (2020). Pengaruh Penerapan E-commerce Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah.
Nawawi, A. M. (2024). PENGARUH ELEMEN E-COMMERCE TERHADAP KINERJA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH DI KOTA BANDAR LAMPUNG.
Ningsih, S. A. (2024). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI E-COMMERCE PADA UMKM DAN DAMPAKNYA TERHADAP SISTEM INFORMASI AKUNTANSI.
Prasetyo, T. D. (2020). KEPUTUSAN PEMBELIAN E-COMMERCE SHOPEE DITINJAU DARI WEBSITE QUALITY, INOVASI PRODUK, DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta). Edunomika, 04(02).
Rianty, Martha. dkk. (2021). Pengaruh E-Commerce Terhadap Pendapatan UMKM Yang Bermitra Gojek Dalam Masa Pandemi Covid-19. Akuntansi dan Manajemen, 16(2), 153–167. https://akuntansi.pnp.ac.id/jam
Riinawati. (2019). Syarat Kesiapan Organisasi Untuk Berubah. https://kumparan.com/berita-hari-ini/syarat-kesiapan-organisasi-untuk-berubah-ketahui-hal-ini-21VmQdGYpsD/full
Saputro. (2020). Pemanfaatan E-commerce Business To Customer (B2C) Marketplace Untuk Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). JKIE (Journal Knowledge Industrial Engineering), 7(1), 1-10.
Simanjuntak. (2020). Dampak Penggunaan E-commerce Terhadap Peningkatan Hasil Penjualan Usaha Mikro Kecil Menengah Di Provinsi DKI Jakarta. September, 1-64.
Sugiyono, & Lestari, P. (2021). Metode penelitian komunikasi (Kuantitatif, kualitatif, dan cara mudah menulis artikel pada jurnal internasional).
Tedjasuksmana. (2020) Membangun Lingkungan Bisnis UMKM dalam Pemanfaatan Digital Financial Technology. PROSIDING Seminar Teknologi Kebumian Dan kelautan (SEMITAN II), Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS) 387-390.
Wardhana, A. (2024). BUSINESS STRATEGY & POLICY IN THE DIGITAL ERA-EDISI INDONESIA PENERBIT CV. EUREKA MEDIA AKSARA (M. Pradana, Ed.).
Yam, J. H. & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Jurnal Ilmu Administrasi .
Yani, D. April. dkk. (2024). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI E-COMMERCE TERHADAP PENDAPATAN UMKM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA UMKM DI KOTA PONTIANAK). 4(2).