Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan, Dan Pengalaman Konsumen Terhadap Loyalitas Bedak Muka Pixy Di Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v7i1.9623Kata Kunci:
Kepercayaan, Kepuasan, Loyalitas, Pengalaman KonsumenAbstrak
Persaingan bisnis yang semakin ketat menuntut perusahaan untuk menerapkan strategi pemasaran yang efektif guna mempertahankan loyalitas konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh kepuasan, kepercayaan, dan pengalaman konsumen terhadap loyalitas pengguna bedak muka Pixy di Kota Batam. Pendekatan deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan melibatkan 204 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling berdasarkan rumus Jacob Cohen. Proses analisis data mencakup uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh, dan pengujian hipotesis. Hasil uji t menunjukkan bahwa kepuasan memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap loyalitas, kepercayaan memberikan pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap loyalitas, dan pengalaman konsumen juga berkontribusi secara positif serta signifikan secara parsial terhadap loyalitas. Temuan juga diperkuat dengan hasil uji F yang mengindikasikan bahwa secara simultan, variabel kepuasan, kepercayaan, dan pengalaman konsumen menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya meningkatkan kepuasan, kepercayaan, dan pengalaman konsumen untuk mempertahankan loyalitas pengguna bedak muka Pixy di Kota Batam
Referensi
Adestyan, F. M., & Rapida, I. (2022). Pengaruh Keamanan, Kepuasan, Kemudahan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Pengguna BSI Net Banking di Bank Syariah Indonesia KCP Suropaticore Bandung. Jurnal Maps (Manajemen Perbankan Syariah, 6(1), 53–61. http://journal.masoemuniversity.ac.id/index.php/maps
Alverina, C., & Rustam, T. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah PT. Bravo Engineering Batam. 20(1), 105–123.
Amalia, R., & Nurhidayati, M. (2023). Pengaruh Pengalaman Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Journal of Economics and Business Research, 3(2), 320–334. https://doi.org/10.21154/niqosiya.v3i2.2594
Andi, E. Y., Lukitaningsih, A., & Hutami, L. T. H. (2021). Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Menggunakan Layanan Indihome. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 341–349. https://doi.org/10.32534/jv.v16i2.1840
Ariono, J., & Suhardi. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT Lubricant Indo Makmur. Scientia Journal : Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5(1).
Aulia, F. P. A., & Khuzaini. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada Bank Jatim Kantor Cabang Bojonegoro). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(5), 1–16.
Aulia, M., & Tadulako, U. (2021). Pengaruh Pengalaman Konsumen Terhadap Loyalitas Mahasiswa Universitas Tadulako Menggunakan Kosmetik Bedak Marcks. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(1), 12–20.
Cahyono, N. E., & Fahmi, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen dalam membentuk Loyalitas Konsumen (Pengguna Platform Aplikasi Marketplace di kota Malang). Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 1(4), 503–516. https://www.bajangjournal.com/index.php/JEMBA/article/view/2605
Desri, S., Fitriandi, Yollanda, F., & Zulfitri, V. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan TerhadapLoyalitas Pelanggan JNE Di Kota Payakumbuh. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(1), 342–348.
Fatonah, H., Rani, & Purwatiningsih. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Jasa Pengiriman J&T Express Cabang Kedoya Raya 2. Jurnal Penelitian Bisnis Dan Manajemen, 1(3), 186–201.
Franky, & Evyanto, W. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Keamanan Terhadap Loyalitas Pembeli Di Aplikasi Jd.Id Pada Masyarakat Kota Batam. Scientia Journal, 5(2).
Gayatri, I. A. M. E. M., & Damarsiwi, E. P. M. (2021). Pengaruh Kualitas Jasa Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pegadaian (Studi Kasus Upc Sawah Lebar ). EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 29–38. https://doi.org/10.37676/ekombis.v9i1.1219
Hidayah, A., & Zaini, A. (2024). Pengaruh Pengalaman Pelanggan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 18(1), 25–37.
Kurniah, & Awaluddin. (2022). Pengaruh Pengalaman Dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Scarlett Whitening Di Kota Makassar. Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM), 3(2), 21–31.
Lubis, M. D. P., & Sitorus, D. H. (2023). Pengaruh Kemudahan , Keamanan , dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Konsumen. Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 5(2), 209–218. https://doi.org/10.30812/target.v5i2.3021
Mansur, M. J., & Evyanto, W. (2024). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Lazada Di Kota Batam. SEIKO : Journal of Management & Business, 7(1), 579–591.
Mardianti, & Suhardi. (2023). Pengaruh Kinerja Layanan , Kepercayaan , dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT Ganda Nusantara Persada di Batam. Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(4), 365–375.
Palandi, J. J., Mangantar, M., & Raintung, M. C. (2022). Pengaruh Kualitas Jasa, Kepercayaan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah PT. Pegadaian Di Manado. Jurnal EMBA, 10(4), 565–576. https://www.pegadaian.co.id/,
Pane, N. N., & Andy, A. (2024). Pengaruh pengalaman pelanggan, kualitas pelayanan, dan fasilitas terhadap loyalitas pelanggan kafe kopi ogut Tangerang. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahan, 2(3). https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/Wawasan/article/view/2233
Prayoga, S., & Ginting, A. M. (2024). Pengaruh Customer Experience, Online Sales Promotion, Customer Satisfaction, Brand Image Dan Price Terhadap Customer Loyalty Pada Brand Kategori Kecantikan Platform Tiktok. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 1517–1533. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3852
Ramadhani, M., & Nurhadi. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kepuasan Konsumen dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Mineral Merek Aqua. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang, 11(2), 200–214. https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/forbiswira/article/view/2235
Sejati, S. A., & Soepatini. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Jasa J&T Express Di Karesidenan Surakarta. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(4), 803–811. https://doi.org/10.34005/kinerja.v4i1.1698
Supriyadi, & Aminah, S. (2022). Pengaruh Influencer Media Sosial dan Pengalaman Belanja Konsumen Terhadap Loyalitas Merek pada Make Up. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 6681(3), 683–694. https://doi.org/10.55916/frima.v0i3.331
Suwarsito, S., & Aliya, S. (2020). Kualitas Layanan Dan Kepuasan Serta Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 3(1), 27–35. https://doi.org/10.33557/jibm.v3i1.826
Suwono, & Sukma, A. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Di PT. BPRS Suriyah Kantor Pusat Cilacap. AmaNU: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 3(1), 33–54.
Yani, A. S., & Sinambela, Y. F. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Moderasi Di Pt Sinarmas Sentra Cipta. Edunomika, 08(01), 1–7.