KUALITAS PELAYANAN PEMERINTAHAN KOTA BUKITTINGGI TERHADAP KEBIJAKAN PERDA 19/2003 TENTANG IMB ( IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN )

Authors

  • Riko Riyanda PUTERA BATAM UNIVERSITY

Keywords:

Kualitas Pelayanan;, Perda 19/2003;, Izin Mendirikan Pembangunan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan
yang diberikan aparatur Dinas Tata Kota Bukittinggi terhadap pelayanan
yang diberikan kepada masyarakat dalam mengurus izin mendirikan
bangunan (IMB). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif
dengan menggunakan metode analisis pendekatan secara deskriptif. Metode
pengumpulan datanya digunakan data primer dan data sekunder. Adapun
teknik pengumpulan data melalui metode obervasi, wawancara, serta
dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan teknik reduksi data,
penyajian data dan verifikasi/menarik kessimpulan. Hasil penelitiannya
adalah bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh apartur dinas tata kota
Bukittinggi udah mencakup pelayanan prima dan pelayanan sepenuh hati,
hanya saja masih terdapat berbagai kekurangan dalam pelayanan misalnya
dalam kurangnya sosialisasi Perda 19/2003 tentang IMB. Namun kelemahan
tersebut tidak dapat dijadikan masalah krusial bagi warga Bukittinggi untuk
mengurus IMB. Sebab, faktor yang menjadi kendala justru pada keengganan
atau kemalasan masyarakat dalam mengurus IMB. Jadi kualitas pelayanan
aparatur Dinas Tata Kota Bukittinggi sudah baik namun sayangnya masih
ada sebahagain kecil masyarakat yang belum menyadari pentingnya
mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Author Biography

Riko Riyanda, PUTERA BATAM UNIVERSITY

DARI REDAKSI
Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, telah terbit Jurnal Cahaya Keadilan yang
merupakan jurnal Program Studi Ilmu Hukum. Kami sangat bersyukur dan optimis bahwa
kami secara konsisten hadir di hadapan para akademisi dibidang Ilmu Hukum khususnya dan
seluruh pembaca jurnal ilmiah ini. Adapun yang menjadi harapan kami adalah menjadi
jurnal ilmiah yang terakriditasi. Oleh karena itu, kami aturkan terima kasih kepada semua
pihak yang telah ikut andil dalam membantu menerbitkan Jurnal Cahaya Keadilan ini.
Kami juga mengundang para peneliti, dosen dan pembaca yang mempunyai ketertarikan
dibidang ilmu hukum seluas-luasnya untuk mengirimkan tulisannya dengan syarat dan cara
yang termuat di halaman terakhir Jurnal Cahaya Keadilan ini. Kritik dan saran untuk
meningkatkan kualitas penerbit maupun isi jurnal, sangat kami harapkan.
Salam,
Redaksi

References

DAFTAR PUSTAKA
Buku, Jurnal Dan Makalah
Joko, Widodo.( 2001). Good Governance. Insan Cendikia. Surabaya.
Miftah, Thoha. (2004). Birokrasi dan Politik di Indonesia. Raja Grafindo
Persada. Surabaya.
Lijan, Poltak Sinambela. (2007). Reformasi Pelayanan Publik, Teori,
kebijakan dan Implemetasi. Bumi Aksara. Jakarta.
Sampara Lukman. (2000). Manajemen Kualitas Pelayanan. STIA LAN
Press. Jakarta.
Hessel Nogi, Tangkilisan. (2005). Manjemen Publik. Grasindo Gramedia
Widia Sarana Indonesia. Jakarta.
Putra, Fadilah. (2005). Kebijakan Tidak Untuk Publik. CV. Langit Aksara.
Yogyakarta.
Keban, Yeremias T. (2005), Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik,
Konsep, Teori, dan Isu. Penerbit Gaya Media. Yogyakarta.
Patricia, Patton. (1998). Pelayanan Sepenuh Hati, Jakarta: Pustaka Delapatra
Sugiono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan, (Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R & D). Alfabeta. Bandung.
Peraturan Perundang-undangan
Keputusan Mentri Penerapan Apatatur Negara No. 81/1993 Perda Kota
Bukittinggi Nomor. 19/2003 Tentang IMB (Izin Mendirikan
Bangunan)

Additional Files

Published

2015-04-30