KUALITAS PELAYANAN PEMERINTAHAN KOTA BUKITTINGGI TERHADAP KEBIJAKAN PERDA 19/2003 TENTANG IMB ( IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN )
Keywords:
Kualitas Pelayanan;, Perda 19/2003;, Izin Mendirikan PembangunanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan
yang diberikan aparatur Dinas Tata Kota Bukittinggi terhadap pelayanan
yang diberikan kepada masyarakat dalam mengurus izin mendirikan
bangunan (IMB). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif
dengan menggunakan metode analisis pendekatan secara deskriptif. Metode
pengumpulan datanya digunakan data primer dan data sekunder. Adapun
teknik pengumpulan data melalui metode obervasi, wawancara, serta
dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan teknik reduksi data,
penyajian data dan verifikasi/menarik kessimpulan. Hasil penelitiannya
adalah bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh apartur dinas tata kota
Bukittinggi udah mencakup pelayanan prima dan pelayanan sepenuh hati,
hanya saja masih terdapat berbagai kekurangan dalam pelayanan misalnya
dalam kurangnya sosialisasi Perda 19/2003 tentang IMB. Namun kelemahan
tersebut tidak dapat dijadikan masalah krusial bagi warga Bukittinggi untuk
mengurus IMB. Sebab, faktor yang menjadi kendala justru pada keengganan
atau kemalasan masyarakat dalam mengurus IMB. Jadi kualitas pelayanan
aparatur Dinas Tata Kota Bukittinggi sudah baik namun sayangnya masih
ada sebahagain kecil masyarakat yang belum menyadari pentingnya
mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB).
References
Buku, Jurnal Dan Makalah
Joko, Widodo.( 2001). Good Governance. Insan Cendikia. Surabaya.
Miftah, Thoha. (2004). Birokrasi dan Politik di Indonesia. Raja Grafindo
Persada. Surabaya.
Lijan, Poltak Sinambela. (2007). Reformasi Pelayanan Publik, Teori,
kebijakan dan Implemetasi. Bumi Aksara. Jakarta.
Sampara Lukman. (2000). Manajemen Kualitas Pelayanan. STIA LAN
Press. Jakarta.
Hessel Nogi, Tangkilisan. (2005). Manjemen Publik. Grasindo Gramedia
Widia Sarana Indonesia. Jakarta.
Putra, Fadilah. (2005). Kebijakan Tidak Untuk Publik. CV. Langit Aksara.
Yogyakarta.
Keban, Yeremias T. (2005), Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik,
Konsep, Teori, dan Isu. Penerbit Gaya Media. Yogyakarta.
Patricia, Patton. (1998). Pelayanan Sepenuh Hati, Jakarta: Pustaka Delapatra
Sugiono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan, (Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R & D). Alfabeta. Bandung.
Peraturan Perundang-undangan
Keputusan Mentri Penerapan Apatatur Negara No. 81/1993 Perda Kota
Bukittinggi Nomor. 19/2003 Tentang IMB (Izin Mendirikan
Bangunan)
Additional Files
Published
Issue
Section
License
As long as this article is in the process of submission, editor, reviewer, copyright and has not been rejected, then this article is still owned by the Law Study Program of Putera University, so the authors are prohibited from publishing this article in other journals. If the writing from the author has been rejected or has been archived then the author is given the opportunity to publish to other journals.