PENYELESAIAN SENGKETA ANTARA PRODUSEN DENGAN KONSUMEN MELALUI BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) DI KOTA BATAM
Abstract
Proses dan atau penyelesaian antara konsumen dengan produsen sebagai
pelaku usaha melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) kota
Batam adalah ketika para pihak yang bersengketa sudah ada
perjanjian/kesepakatan sebelumnya maka BPSK tetap menghormati
perjanjian para pihak sebagai dasar dan pertimbangan pengambilan
keputusan Majelis, dan untuk Proses penyelesaian sengketa di BPSK Kota
Batam Batam. Penyelesaian sengketa yang terbaik sesungguhnya adalah
penyelesaian oleh para pihak (konsumen sebagai pemakai akhir suatu produk
dengan produsen sebagai pelaku usaha), sehingga dapat diperoleh hasil
yang menguntungkan kedua belah pihak. Penyelesaian melalui musyawarah
mufakat oleh para pihak seperti tersebut di atas tanpa campur tangan oleh
pihak mana pun.
References
Buku, Jurnal dan Makalah
Ade, Maman, Suherman. (2002). Aspek Hukum Dalam Ekonomi Global.
Ghalia Indonesia.
Ahmadi, Miru. & Sutarman, Yodo. (2004). Hukum Perlindungan Konsumen.
Devisi Buku Perguruan Tinggi PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Bambang, Dwiloka. & Ratiriyana. (2005). Tehnik Menulis KaryaIlmiah,
Rineke Cipta. Jakarta
Bambang, Waluya. (2002). Penelitian Hukum Dalam Prakte. Sinar Grafika,
Jakarta.
Gunawan, Widjaja. & Ahmad, Yani. (2001). Seri hukum Bisnis. Hukum
arbitrase manajemen. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta
Gunawan, Wijaya. (2005). Seri Bisnis Alternatif Penyelesaian Sengketa. PT
Raja Grafindo Persada. Jakarta
Kartini, Muljadi. & Gunawan, Widjaja. (2008). Seri Hukum
PerikatanPerikatan Yang Lahir Dari Perjanjian. PT Raja Grafindo.
Jakarta
Kuntjaraningrat. (1999). Kebudayaan, Metalitet & Pembangunan, Gramedia,
Jakarta
Priyatna, Abdurrasiyid. (2002). Arbitrase & Alternatif Penyelesaian Sengketa
Suatu Penghantar. PT Fikahati Aneska.
Sentosa, Sembiring. (2006) Himpunan Undang-Undang Tentang
Perlindungan Konsumen Dan Peraturan Perundang-undangan
Yang Terkait. Nuansa Aulia. Bandung.
Shidarta. (2004). Hukum Perlindungan Konsumen Indonesia. Grasindo. PT
Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sudaryatmo. (2004). Memahami Hak Anda Sebagai Konsumen. LKJ
(Lembaga Konsumen). Pustaka Pelajar. Jogjakarta.
Suyud, Margono. (2002). Cetakan Kedua. ADR & Arbitrase, Proses
Pelembagaan dan Aspek Hukum. Ghalia Indonesia
Yusuf, Shofie. (2002) Pelaku Usaha, Konsumen dan Tindak Pidana
Korporasi. Ghalia Indonesia
Peraturan Perundang-undangan
Undang-Undang No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen
Undang-Undang No.30 Tahun 1999 tentang Arbitrase.dan Alternatif
Penyelesaian
Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan
No.301/MPP/Kep./10/2001 tentang Pengangkatan, Pemberhentian
Anggota dan Sekretariat Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen.
Media Massa
http://www.bonddisputeresolutionnews.com
Additional Files
Published
Issue
Section
License
As long as this article is in the process of submission, editor, reviewer, copyright and has not been rejected, then this article is still owned by the Law Study Program of Putera University, so the authors are prohibited from publishing this article in other journals. If the writing from the author has been rejected or has been archived then the author is given the opportunity to publish to other journals.