PEMBENTUKAN KARAKTER KEPEDULIAN DALAM BUKU BAHASA INGGRIS SEKOLAH MENENGAH ATAS

Penulis

  • elsa ernawati nainggolan Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Juliatri Goretti Simamora Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33884/basisupb.v7i2.1962

Kata Kunci:

Character Building, Altruism, English Textbooks, Senior High School

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis karakter kepedulian dalam tiga buku teks bahasa Inggris kelas X, XI, dan XII SMA. Menggunakan content analysis, kata-kata, frasa, dan klausa yang menyajikan karakter kepedulian dalam teks bacaan, dialog, dan tugas dianalisis. Studi ini mengungkapkan bahwa dalam buku teks Bahasa Inggris kelas X, aspek kepedulian yang menunjukkan 'perilaku pro-sosial' dan 'peduli lingkungan' dapat sering ditemukan pada teks bacaaan, dialog, dan tugas. Namun, aspek kepedulian lain seperti 'empati' tidak terdapat dalam teks bacaan dan 'mengurangi ketidaksetaraan' tidak muncul dalam teks bacaan dan dialog. Sementara itu di kelas XI, ‘empati' dan 'perilaku pro-sosial' terdapat dalam dialog dan tugas namun tidak dapat diidentifikasi dalam teks bacaan. Selain itu, 'kepedulian lingkungan' hanya muncul dalam dialog dan tugas, sementara 'mengurangi ketidaksetaraan' tidak ditemukan. Di kelas XII, 'empati', 'perilaku pro-sosial' dan 'peduli lingkungan' dapat diidentifikasi dalam teks bacaan, dialog, dan tugas. Sayangnya, aspek 'mengurangi ketidaksetaraan' hanya terdapat pada tugas. Karakter kepedulian yang tidak konsisten yang terdapat dalam buku teks bahasa Inggris yang digunakan di kelas X, XI, dan XII sekolah menengah atas menunjukkan hilangnya kesempatan untuk membentuk perilaku altruistik siswa. Menimbang bahwa sekolah menengah atas adalah tahap di mana siswa mulai mengembangkan kemampuan untuk berpikir logis tentang ide-ide abstrak, karakter kepedulian harus ditanamkan dalam pengembangan materi pembelajaran bahasa Inggris yang relevan dengan tingkat intelektual dan emosional siswa.

Biografi Penulis

Juliatri Goretti Simamora, Universitas Negeri Jakarta

Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris

Referensi

Amerian, majid and Alimorad Khaivar. (2014). Textbook Selection, Evaluation and Adaptation Procedures. International Journal of language learning and Applied Linguistics World (IJLLALW) Vol 6 (1), 523-533.

Andromeda, satria. (2014). Hubungan antara empathy dengan perilaku Altruisme pada Karang Taruna Desa Pakang. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Anisah. (2011). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Citra Adytia.

Batson, C.D. (2001). Addressing the Altruism Question Experimentally. In S.G. Post, L.G. Underwood, J.P Schloss, & W.B. Hurtbulrt (Eds), Altruism and Altruistic Love; Science, philosophy, and religion in dialogue (pp.89-105). New York: Oxford University press.

Breyer, Alicia . (2017). The influence of books, television, and Computers on Empathy And Altruistic behavior in Young Children. Claremont Colleges.

Brown, H. D. (2007). Principles of Language Learning and Teaching. New Jersey: Prentice Hall Regents.

Eisenberg, N., & Mussen, Paul H. (1989). The Roots of Prosocial Behavior in Children. United Kingdom: Cambridge University Press.

Ellias, M.J. 2013. The academic benefits of character education. Hudson College.

Ellias, M. J., Parker, S.J. (2007). Social Emotional Learning and Character and Moral Education in Children. Synergy or fundamental divergence in our schools?. Journal of research in character education, 5, 167-181.

Feigin, Svetlana and Glynn Owens. (2014). Theories of Human Altruism: a systematic review. New Zealand: University of New Auckland.

Handayani. (2016). Wujud dan Pola Penalaran Nilai Kepedulian, kreatif, dan Sopan Santun Materi Ajar Bahasa Indonesia dalam Buku Siswa Kelas VII Kurikulum 2013.

Hansen, Elin Jorde. (2016). Reading Comprehension. Master Frennedsprak i skolen.

Kerr, Benjamin and Peter Godfrey, Marcus Feldman. (2004). What is altruism Trends in Ecology and Evolution.Vol. 19 no. 3 provided by www. Sciencedirect.com.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Lickona, Thomas. (1991). Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam books.

Muslich, Masnur. (2010). Text Book Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Myers, David.G. (2012). Social Psychology (the tenth edition). America: The McGraw-Hill Companies.

Pavenkovet et.all. (2014). The altruistic behavior: characteristic of future teachers of inclusive education in Rusia. Available online at www. Sciencedirect.com

Quigley, Cassie and Renee Lyons. (2017). The Role of Care in Environmental Education. Springer International Publishing.

Rahman, Galingfaizar. (2014). Pendidikan Nilai Kepedulian Sosial pada Siswa Kelas Tunggi di Sekolah Dasar Negeri Muarareja 2 Kota Tegal. Universitas Negeri Yogyakarta.

Robinson and Curry. (2005). Promoting altruism in the classroom. Association for Childhood Education International. USA.

Rockwell, Geoffrey. (2003). Defining Diaologue: From Socrates to the Internet, Amherst. New york: Humanity Books (an imprint of Prometheus Books).

Schwarzt, M.J. (2007). Moral Education Handbook. London: Preager.

Setiawan, Bagus Mochammad and Lucia Rini Sugiari. (2016). Altruism Review of Empathy on Vocational School Students. Fakultas Psikologi Universitas Negeri Semarang Economics Review (69-7): 2-17. Retrieved 26 July 2018.

Vitaresti, Mungki. (2015) Tasks Design in English Textbook Pathway to English to Provide Classroom Activities based on 2013 Curriculum. Muhammadiyah University of Surakarta.

Wade, Robert H. (2014). The Piketty Phenomenon and Future of Inequality. Real World Eco

Zuhdi, darmiyati. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Rev.Ed. Yogyakarta: UNY Press.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-23

Terbitan

Bagian

BASIS VOLUME 7 NO 2 OKTOBER 2020