Sebuah Penggunaan Penerjemahan pada Kelas Pragmatik STKIP PGRI Sidoarjo
Penerjemahan Bahasa, Pengajaran Siswa EFL Pragmatik, Praktik Penerjemahan di kelas
DOI:
https://doi.org/10.33884/basisupb.v11i1.8204Kata Kunci:
Menerjemahkan bahasa, Guru EFL, Murid EFLAbstrak
Abstrak
Penelitian ini fokus untuk mengeksplorasi kegunaan translanguaging yang digunakan oleh dosen pragmatik dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris di kelas EFL di STKIP PGRI Sidoarjo. Kerangka teori penelitian ini mencakup konsepsi transbahasa. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan observasi. Data penelitian ini merupakan pernyataan-pernyataan terfragmentasi yang diambil dari rekaman suara dan catatan yang disimpulkan oleh peneliti. Sumber datanya adalah data pendukung berupa dokumen visual yang diambil dari observasi dan dokumen non visual yang diambil dari dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, rekaman suara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis tematik. Berdasarkan analisis, terdapat 2 temuan dari perspektif praktik translanguaging di kelas Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing. Pertama, hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan bahasa Campuran membuat siswa EFL tetap termotivasi untuk belajar bahasa Inggris lebih baik dan mampu mencapai impian mereka. Kedua, hasil penelitian lebih lanjut mengungkapkan bahwa penggunaan translanguaging memudahkan dosen dalam menjelaskan materi kepada mahasiswa EFL.
Kata Kunci: Penerjemahan Bahasa, Pelajar EFL, Guru EFL
Referensi
REFERENCES
Al Masaeed, K. (2017). Translanguaging in Pragmatics. https://www.researchgate.net/publication/371103944
Canagarajah, S. (2011). Translanguaging in the classroom: Emerging issues for research and pedagogy. Applied Linguistics Review, 2(2011), 1–28. https://doi.org/10.1515/9783110239331.1
Creswell, J. W., Hanson, W. E., Clark Plano, V. L., & Morales, A. (2007). Qualitative Research Designs: Selection and Implementation. The Counseling Psychologist, 35(2), 236–264. https://doi.org/10.1177/0011000006287390
Gracia, O. (2009). Education-multilingualism-translanguaging-21st-century.
Haufiku, I., Mashebe, P., & Abah, J. (2023). Strategies Used by English Second Language Teachers to Cope with Teaching Challenges. In ELE Reviews: English Language Education Reviews (Vol. 46, Issue 1).
Lambert, V. A., & Lambert, C. E. (2012). Qualitative Descriptive Research: An Acceptable Design. In Pacific Rim Int J Nurs Res.
Muis, S., Salija, K., Nur, S., & Sakkir, G. (2023). EduLine: Journal of Education and Learning Innovation is licensed under an Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) Translanguaging in EFL Classroom at A Private University in South Sulawesi. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 3(3), 2775–6173. https://doi.org/10.35877/eduline1904
Nagy, T. (2018). On Translanguaging and Its Role in Foreign Language Teaching.
Nation, P. (2003). ASIAN EFL JOURNAL: The role of the first language in foreign language learning.
Sabat, Y., & Kususma Wardhani, A. (2018). “Monolingual Or Bilingual Appproach?” The Best Approach To Teach Speaking For Beginner Level. In Journal of English Teaching Adi Buana (Vol. 03, Issue 02). STKIP PGRI Sidoarjo.
Saputra, W. A., & Akib, E. (2018). Translanguaging In English as Foreign Language (EFL) Classroom Assessment: A Discourse Analysis In Indonesian University. https://www.researchgate.net/publication/327221151
Sari, D. (2022). EFL Students’ Perception On Teachers’ Translanguaging Used In The Classroom At Senior High School.
Seals, C. (2021). Benefits of Translanguaging Pedagogy and Practice. https://www.researchgate.net/publication/354616492
Siddiqui, A. (2018). “The principal features of English Pragmatics in applied linguistics.” Advances in Language and Literary Studies, 9(2), 77. https://doi.org/10.7575/aiac.alls.v.9n.2p.77
Sutrisno, D. B. (2023). Translanguaging Practices Within Indonesian EFL Classrooms: A Review of The Literature. JOLLT Journal of Languages and Language Teaching, 11(3), 547. https://doi.org/10.33394/jollt.v%vi%i.8265
Vallejo, C. (2018). Translanguaging: Language, Bilingualism and Education, by Ofelia García and Li Wei. Bellaterra Journal of Teaching & Learning Language & Literature, 11(1), 85–95. https://doi.org/10.5565/rev/jtl3.764