JCK PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI KOMUNIKASI PEMASARAN BRAND ALFATEEMA DALAM PERSPEKTIF UU ITE

Authors

  • renita kurnia Universitass Putera Batam
  • Bahariandi Aji Prasetyo Universitas Putera Batam
  • Dewi Uma Universitas Andalas

DOI:

https://doi.org/10.33884/jck.v11i02.8169

Keywords:

media sosial, komunikasi, undang-undang ite

Abstract

Media sosial telah mengubah cara penggunanya berkomunikasi, berinteraksi, dan
berpartisipasi dalam kehidupan sosial dan budaya. Media sosial juga digunakan
untuk berbisnis bagi masyarakat Indonesia. Pemanfaatan media sosial juga
digunakan pebisnis dan perusahaan sebagai komunikasi pemasaran yang ditujukan
kepada target sasarannya. Penerapan UU ITE sangat perlu ditegakkan agar
pengguna media sosial tidak melakukan kesalahan yang dapat melanggar
peraturan yang berlaku di Indonesia pada media sosial yang mereka miliki. Brand
Alfeteema memanfaatkan memanfaatkan media sosialnya sebagai komunikasi
pemasaran dalam memasarkan produknya hingga ke Malaysia dan Brunei
Darussalam mengikuti aturan yang berlaku di Indonesia. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui pemanfaatan media sosial sebagai komunikasi pemasaran
brand Alfateema dalam perspektif UU ITE. Metode penelitian yang digunakan
deksriptif kualitatif dengan pengumpulan data secara observasi, wawancara, dan
dokumen. Brand Alfateema menggunakan media sosialnya untuk kegiatan
komunikasi pemasaran seperti iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan, public
relations dan pemasaran langsung. Brand Alfateema melakukan komunikasi
pemasaran dengan memanfaatkan media sosialnya menerapkan dengan baik
Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi
Elektronik Pasal 4, Pasal 9, Pasal 17 ayat 1-3, Pasal 28 ayat 1-2, dan Pasal 29dan
Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang
Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Pasal 26 ayat 1

References

Buku

Arianto. (2021). Komunikasi Pemasaran: Konsep dan Aplikasi di Era Digital. Surabaya: Airlangga University Press.

Mujito, Muharam, H., & Adyas, D. (2023). Manajemen Pemasaran, Sebuah Pengantar Untuk Pemula. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Noel, D. V., & Athar, D. S. (2023). Fundamentals of Marketing. Lucknow: Thakur Publicatoin Private Limited.

Prayudha.S, J. (2022). Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris. Bogor: Guepedia.

Jurnal

Diebes, H. M. Y., & Iriqat, R. A. M. (2019). Social Media As a Strategic Marketing Communication Tool in Palestinian Mobile Telecom Companies - Business To Customers Relationship Perspective. International Review of Management and Marketing, 9(3), 31–40. https://doi.org/10.32479/irmm.7714

Diem, D. A., & Yulianti, W. (2019). PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN ( Studi Kasus pada Akun Instagram @ Kaosdisablon di CV . Purwa Satya ) komunikasi pemasaran juga berkontribusi dalam ekuitas merek dengan menanamkan merek di dalam ingat. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 6–12.

Kristiawan, T. A., & Keni, K. (2020). Pengaruh packaging, social media marketing dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian busana brand lokal. DeReMa (Development of Research Management), 15(2), 244–256.

Rafiq, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Global Komunika: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 18–29.

Rusdiono. (2019). Peran Media Sosial Sebagai Upaya Pemasaran Bisnis Online Shop Pada Online Shop Antler MakeUp @antler.makeup Rusdiono STKIP Panca Sakti. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 3(2). https://doi.org/10.31294/widyacipta.v3i1http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta

Sinuhaji, V. V., Siregar, N. S. S., & Jamil, B. (2019). Aktivitas Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Karo Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan (Studi Deskriptif Kualitatif Wisata Bukit Gundaling Berastagi). Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(2), 105–118. https://doi.org/10.31289/jipikom.v1i2.159

Siregar, L. Y., & Nasution, M. I. P. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online. HIRARKI Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (HJIMB), 02(01), 71–75. http://journal.upp.ac.id/index.php/Hirarki%0APERKEMBANGAN

Trianto, R. (2021). Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial (Studi Kasus Di SD Luqman Al Hakim Surabaya). An-Nida’, 9(2), 95–120. https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/view/298%0Ahttp://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jana.2015.10.005%0Ahttp://www.biomedcentral.com/1471-2458/12/58%0Ahttp://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&P

Yustita, A. D. (2021). Komunikasi Pemasaran Antimo Anak di Media Sosial. COMMENTATE: Journal of Communication Management, 1(2), 208. https://doi.org/10.37535/103001220207

Sumber Lain

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia

Widi, Shilvina. (2023). Pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta Pada 2023. Diambil dari https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023

Additional Files

Published

2023-10-20