ANALISIS YURIDIS PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP INFORMASI IKLAN YANG MENYESATKAN

Penulis

  • Rizki Tri Anugrah Bhakti, Padrisan Jamba Universitas Putera Batam

Kata Kunci:

Iklan, Konsumen, Pelaku Usaha

Abstrak

Periklanan sebagai salah satu sarana pemasaran dan sarana penerangan
memegang peranan penting di dalam pembangunan. Agar produk
yang ditawarkan oleh pelaku usaha memiliki nilai jual yang tinggi
terkadang pelaku usaha menghalalkan segala cara. Salah satunya dengan
melalui iklan yang memuat janji yang muluk-muluk mengenai kegunaan dan
manfaat produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Perlunya
peraturan yang mengatur perlindungan konsumen karena lemahnya posisi
konsumen dibandingkan posisi pelaku usaha, karena mengenai proses sampai
hasil produksi barang atau jasa yang telah dihasilkan campur tangan
konsumen sedikitpun. Mengenai periklanan belum ada peraturan yang
mengatur secara khusus, tetapi masalah iklan terdapat dalam beberapa pasal
di Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.
Sumber utama penelitian ini adalah data yang sudah tersedia dalam bentuk
ketentuan-ketentuan hukum yang sudah pernah ditulis, yang kemudian
akan dikaji menurut ketentuan perundang-undangan yang berlaku,
sebagaimana pendekatan yang digunakan adalah yuridis normatif yaitu
dilakukan dengan cara menelaah dan menginterpretasikan hal-hal yang
bersifat teoritis yang menyangkut asas, konsepsi, doktrin dan norma
hukum yang berkaitan dengan perlindungan konsumen dan perjanjian.
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif.
Berdasarkan hasil analisis ditarik kesimpulan secara dedukatif, yaitu cara
berpikir yang didasarkan pada fakta-fakta yang bersifat umum untuk
kemudian ditarik suatu kesimpulan bersifat khusus

Biografi Penulis

Rizki Tri Anugrah Bhakti, Padrisan Jamba, Universitas Putera Batam

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2017-04-30