IMPLEMENTASI PERMAINAN EDUKASI PENGENALAN TATA SURYA UNTUK SMP DENGAN RPG MAKER MV MENGGUNAKAN METODE RULE-BASED
DOI:
https://doi.org/10.33884/comasiejournal.v10i3.8523Kata Kunci:
Tata Surya, Game Edukasi, Rule Based , SDLC, RPG Maker MVAbstrak
Kurangnya sarana media pembelajaran tata surya untuk menunjang pembelajaran pada usia dini menyebabkan generasi muda saat ini mengalami kesulitan belajar materi pengenalan tata surya dan membuat pejaran jadi membosankan untuk dipelajari , tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempermudah siswa dalam mempelajari tata surya dengan menggunakan media game sebagai sarana belajar dan mengaplikasikan algoritma rule based dalam game edukasi, pengenalan tata surya dengan engine game RPG Maker MV, metode yang digunakan adalah System Development Life Cycle (SDLC) yang memiliki empat tahapan yaitu analisis, desain ,pengkodean program dan pengujian, pengujian dilakukan dengan menggunakan pengujian black box , teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, studi pustaka, dan wawancara, hasil aplikasi game akan tersedia dalam bentuk aplikasi Android berekstensi APK. Hasil pengujian penelitian ini game berhasil menyampaikan informasi dan meningkatkan minat siswa dalam mempelajari pengenalan tata surya, dan pengenalan tata surya di dalam game pengenalan tata surya yaitu “Milky Way “.
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Nuqisari, r., & sudarmilah, e. (2019). Pembuatan game edukasi tata surya dengan construct 2 berbasis android. Emitor: jurnal teknik elektro, 19(2), 86–92. Https://doi.org/10.23917/emitor.v19i2.7987
Belanof, d. (2022). Perancangan game edukasi materi sistem tata surya. Jintech: journal of information technology, 3(1), 35–45. Https://doi.org/10.22373/jintech.v3i1.1816
Saputra, y., & nurpajriah, e. S. (2023). Perancangan strategis sistem informasi question answering system dengan menggunakan metode rule-based tentang nabi ibrahim a.s dan nabi muhammad saw. Ijnu: indonesian journal of nahdlatul ulama , 1(1), 42–53.
Mcrae, anne & nardi, m. (2019). Junior encylopedia : solar system. Nextquisite.
Arrosyad, m. I., & nugroho, f. (2022). Pengembangan digital tranformasi role playing games (rpg) base learning pada pendidikan kemuhammadiyah sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(3), 3462–3472. Https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2
Sibarani, y. A. S. & h. E. (2023). Perancangan game edukasi bahasa inggris dengan rpg maker mv menggunakan algoritma rule based. Comasie, 6(2), 107–118