MEMBANGUN KONEKSI PELANGGAN MELALUI INSTAGRAM COFFEE SHOP UNTUK MENINGKATKAN KUNJUNGAN PELANGGAN

Penulis

  • David Humala Sitorus Universitas Putera Batam
  • Sunarto Wage Universitas Putera Batam
  • Triana Ananda Rustam Universitas Putera Batam
  • M Khoiri Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.33884/jimupb.v12i2.8761

Kata Kunci:

Instagram; Pemasaran Digital; Komunikasi pemasaran; Promosi

Abstrak

Penelitian ini mengkaji bagaimana kedai kopi dapat memanfaatkan Instagram untuk komunikasi pemasaran digital. Instagram adalah alat yang ampuh dan terjangkau bagi kafe untuk mempromosikan produk mereka, menyebarkan kesadaran merek, dan terhubung dengan pelanggan. Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan Instagram secara strategis dapat memberikan informasi kepada pelanggan tentang penawaran kedai kopi, membujuk mereka untuk berkunjung, dan membuat mereka datang kembali. Namun, penelitian mengenai bagaimana kafe dapat secara spesifik menggunakan fitur Instagram untuk mengelola komunikasi pemasaran digital mereka dengan pelanggan masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan ini dengan mengeksplorasi bagaimana kedai kopi dapat menggunakan Instagram secara efektif sebagai alat pemasaran. Peneliti menggunakan wawancara dan analisis data untuk mendapatkan wawasan dari pengunjung kedai kopi dengan jangka waktu penelitian selama 3 bulan. Studi tersebut menegaskan bahwa Instagram adalah cara yang hemat biaya bagi kafe untuk menjangkau pelanggan dengan cepat melalui pesan promosi mereka, dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menemukan hubungan antar variabel dalam suatu populasi. Sifat penelitiannya berupa replikasi. Data yang dihasilkan dianalisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas, untuk uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah uji analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji f dengan bantuan SPSS 25.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-18