KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI MAHASISWA UNIVERSITAS PUTERA BATAM

Penulis

  • DAIRI SAPTA RINDU SIMANJUNTAK Universitas Putera Batam
  • Zia Hisni Mubarak Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.33884/basisupb.v5i2.780

Kata Kunci:

Writing skill, paragraph of argumentation, Putera Batam University

Abstrak

Keterampilan menulis sebagai salah satu keterampilan berbahasa merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh mahasiswa. Materi keterampilan menulis pada mata kuliah Bahasa Indonesia salah satunya adalah menulis paragraf argumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketereampilan menulis paragraf argumentasi mahasiswa Universitas Putera Batam yang terdiri dari 42 orang sampel yang diambil dengan teknik simple random sampling. Seluruh sampel merupakan mahasiswa semester dua yang mengikuti mata kuliah umum bahasa Indonesia pada tahun ajaran 2017/2018. Data penelitian ini adalah data tes keterampilan menulis. Tidak ada perlakuan yang diberikan kepada sampel untuk melihat bagaimana keterampilan menulis paragraf argumentasi mahasiswa secara alamiah. Berdasarkan hasil tes, diperoleh rata-rata nilai keterampilan menulis paragraf argumentasi mahasiswa adalah 53,64, dengan standar deviasi 7,14. Hasil tes keterampilan menulis tersebut dikelompokkan dalam tiga kategori, yaitu kategori cukup sebesar 11,90 %, kategori kurang sebesar 19,05 %, dan kategori sangat kurang sebesar 69,05 %. Disimpulkan bahwa keterampilan menulis paragraf arguementasi mahasiswa Universitas Putera Batam masih sangat rendah sehingga sehingga dosen harus mencari metode yang tepat untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf argumentasi tersebut.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Bandung: Rineka Cipta.
Gie, Tha Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Nazir, Moh. 1988. Metode Penelitian. Jakrata: Ghalia Indonesia.
Nurani, Yuliani. 2003. Strategi Pembelajaran. Jakarta: universitas Terbuka.
Slamet, Y. 2002. Dasar-dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan.
Sudjana, N. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Suryobroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Tarigan, Djago. 1987. Membina Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi dan Pengembangannya. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-11-21

Terbitan

Bagian

BASIS VOLUME 5 NO 2 OKTOBER 2018

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>