EFEKTIVITAS DIRECT METHOD DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MAHASISWA

Penulis

  • fasaaro hulu Universitas Putera Batam
  • Ambalegin Ambalegin Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.33884/basisupb.v5i2.814

Kata Kunci:

Direct method, ability to speak, observation, interview and recording

Abstrak

Tujuan dari peneltian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan mahasiswa dalam berbicara (speaking) bahasa inggris sebelum dan setelah menerapkan metode langsung (direct method) dan apakah kemampuan berbicara (speaking) bahasa inggris mahasiswa meningkat melalui penerapan metode langsung atau direct method dalam pengajaran melalui pengukuran kategori penguasaan grammar, vocabulary dan pengucapan oleh, (Villalobos, 2010). Dan model penelitian eksperimen yang digunakan adalah one group pre-test and post test experimental design (Cohen, Manion & Morrison, 2007), experimental (O1 X O2) Metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan recording serta analisa data melalui pengelompokan dan perbandingan berdasarkan kategori; unsatisfied (US) category, fair (F) category,  good (G) category, very good (VG) category dan excellent (E) category. Hasil dari penelitian pada pre-test ditemukan masuk pada kategori US=10 mahasiswa, F=26 mahasiswa, G=15 mahasiswa, VG= 2 mahasiswa dan E = 0, tidak ada mahasiswa ditemukan dan hasil post-test yakni US = 0, tidak ada mahasiswa ditemukan, F = 7 mahasiswa, G = 22 mahasiswa, VG = 20 mahasiswa dan E = 4 mahasiswa. Maka dampak peningkatan yang positif setelah perlakuan direct method pada pengajaran terhadap kemampuan mahasiswa meningkat cukup tinggi yaitu pada hasil pre-test kategori kemampuan mahasiswa masih terdapat nilai kategori US dan tidak ada mahasiswa yang masuk pada kategori E sedangkan pada hasil post-test, kategori kemampuan beberapa mahasiswa masuk pada kategori E dan kategri US tidak ada lagi.

Referensi

Andriyani, N. (2015). Using the direct method in teaching to improve students’ speaking skill at purikids language course. Yogyakarta: Yogyakarta state university.
Barker, A. (2010). Improve your Communication Skills. India: KoganPage.
Baumgarten, N. (2016). L2 English Academic Speaking Development: Insights from a Multilingual University Context. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 232(April), 145–153. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.039
Berg, B. L. (2001). Qualitative Research Methods for the Social Sciences (Fourth Edi). United States of America: Allyn and Bacon.
Brown . (2001). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language
Pedagogy. Second Edition. White Plains. NY: Pearson Education
Cameron, Lynne. (2001). Teaching Language to Young Learners. Cambridge: Cambridge University Press
Cohen, L., Manion, L., Lecturer, P., & Morrison, K. (2007). Research Methods in Education (Sixth Edit). London and New York.
Creswell, J. L. (2002). Research Design (Third Edit). United States of America: Sage.
Harmer, Jeremy. (2001). How to Teach English. England : Pearson Education limited
George, B. (2005). Teaching English to the world. London: Lawrence Erlbaum Associates.
Khan, Nadeem & Ali, A. (2010). Improving the speaking ability in English : The students ’ perspective. Procedia Social and Behavioral Sciences, 2(2), 3575–3579. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.554
Lumturize, I. M. & B. (2016). Information Gap Activities to Enhance Speaking Skills of Elementary Level Students, 232, 612–616. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.084
Manurung, K. (2015). Improving the speaking skill using reading contextual internet-based instructional materials in an EFL class in Indonesia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 176, 44–51. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.442
Nunan, David. (2004). Research Methods in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.
Patel, M. . and J. P. M. (2008). ENGLISH LANGUAGE TEACHING. Jaipur: Sunrise.
Richards, Jack C; Renandya, Willy A., (2002). Methodology In Language Teaching, New York: Cambridge University Press
Spratt, Mary., Pulverness, Alan., Williams, Melanie. (2005). The TKT Course. Cambridge: Cambridge University Press
Villalobos, 2010. Rubric A Use Tool For Assesing Students’s Performance, Published on Sep 9, 2010, in Aguascalientes, Mexico. https://www.slideshare.net/lavillal/rubrics-presentation cited in April 2017.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-11-13

Terbitan

Bagian

BASIS VOLUME 5 NO 2 OKTOBER 2018

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 > >>